Proses Perpanjangan BPKB & STNK (5 tahunan)

Berikut tata cara/proses perpanjangan BPKB & STNK (5 tahunan) Kota Wisata Batu dan mungkin tidak jauh berbeda dengan daerah-daerah yang lain di Indonesia:

  • Mempersiapkan berkas-berkas

Berkas yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut:

  • KTP Asli
  • BPKB Asli
  • STNK Asli
  • Foto Copy KTP = 6 Lembar
  • Foto Copy BPKB = 6 lembar
  • Foto Copy STNK = 6 Lembar
  • Map/blangko buat berkas (sudah disediakan oleh bagian foto copy SAMSAT)


Biaya foto copy + Map Rp. 7.000,-

  • Registrasi cek Fisik

Setelah berkas komplit kita Registrasi buat cek fisik, disini kita tinggal serahkan semua berkas tadi dan sama petugas akan diberikan berkas tambahan (formulir) buat proses cek fisik kendaraan dan biayanya adalah Rp. 20.000,-

  • CEK FISIK

Semua berkas tadi & motor kita bawa ke bagian pengecekan fisik (penggesekan nomer Mesin & Nomer Rangka motor) Disini kita harus sabar ngantri ya gan hehhehehehehehe…….

  

  • Ruang Berkas

Setelah selesai cek fisik, berkas & hasil penggesekan nomer rangka serta mesin dibawa ke bagian Berkas SAMSAT buat pengecekan kembali disini kita dikenakan biaya Rp. 10.000,-

  • Pembuatan BPKB baru

Setelah cek fisik dan berkas selesai kita menuju ke Polres Buat pembuatan BPKB yang baru (penyerahan berkas), di Kota Batu sudah tersedia Layanan BPKB On Line sehingga kita tidak perlu jauh-jauh menuju kantor Polres tapi cukup di kantor Polsek Kota batu yang kebetulan lokasi dekat dengan SAMSAT sehingga proses lebih cepat (lokasi pertigaan depan Rumah Sakit Hasta Brata)

  • Pembuatan STKN Baru

Sambil menunggu Pembuatan BPKB yang baru, Kita kembali ke SAMSAT buat proses pembuatan STNK serta pembayaran Pajak tahunan, disini kita ambil Formulir (Rp. 90.000,-)

  • Pengisian Data pribadi

Mengisi Formulir Data Pribadi dan kendaraan (no rangka, no mesin, warna motor, tahun perakitan, dll….)

  • Cetak STNK

Setelah data kita isi komplit dan lengkap formulir kita bawa ke bagian penyetakan STNK (loket 1) biaya Rp. 166.000,- dalam proses ini kita hanya menunggu sekitar 10 menit dan langsung bisa mengambil STNK yang Baru di Loket 2….. (pelayanannya benar-benar cepat gan….)

  • Pengambilan Plat Nomor Baru

Setelah pengambilan STNK baru kita sudah bisa langsung ambil Plat nomer kendaraan kita yang baru, berikut penampakannya:

  • Pengambilan BPKB Baru

Ini adalah proses terakhir, kita menuju ke Polsek tempat pelayanan BPKB On Line tadi (daerah lain kalau tidak Online biasanya harus ke Polres)

Dalam proses pembuatan BPKB & STNK mulai dari awal sampai akhir Waktu yang diperlukan satu jam setengah (termasuk waktu antri)……….. lumayan cepatkan gan?

Semoga sharing menone kali ini bermanfaat buat sobat semua……. Salam persahabatan selalu dr MENONE
NB: Motor Vega R tahun 2007

About these ads

, , ,

  1. #1 by Lidya on Januari 9, 2012 - 10:33 pm

    wah thx infonya ya,kebetulan stnkku habis bulan depan. btw memang bpkb perlu diperpanjang?

  2. #2 by Abed Saragih (disave.blogspot.com) on Januari 10, 2012 - 12:48 pm

    Complete penjelasan di atas mas bro.

    http://www.disave.blogspot.com

  3. #3 by Agung Rangga on Januari 10, 2012 - 2:05 pm

    hmm, panjang dan lama ya prosesnya~ :oops:

  4. #4 by choirunnangim on Januari 10, 2012 - 2:16 pm

    melihat urutan diatas jadi bangga. bahwa pelayanan yang diberikan memuaskan…

  5. #5 by aryakmdn on Januari 10, 2012 - 5:34 pm

    2014 nanti baru perpanjangannya (motor dirumah)…..mmm..masih ada calo mas?

  6. #6 by udin on Januari 10, 2012 - 8:51 pm

    Jasa back link

  7. #7 by owner ranggagoblog on Januari 10, 2012 - 9:08 pm

    wah info bagus… ntar kalo nomor rangka satriaku dah ketemu segera ku urus stnk deh… hwhwhwh

  8. #8 by m-amin on Januari 10, 2012 - 10:00 pm

    Meskipun setiap tahun selalu mengurus perpanjangan stnk kadang kala masih saja lupa dengan segala yang dipersiapkan. Bagus juga postingnya bro, untuk sebagai pedoman kalau mao perpanjangan stnk.

  9. #9 by Anggie on Januari 11, 2012 - 12:24 pm

    nice share…. Tfs..

  10. #10 by risa on Januari 11, 2012 - 2:37 pm

    waaah saya paling males soal urus-mengurus begini … jadi tahu sekarang ternyata begini ya prosesnya :p

  11. #11 by r10 on Januari 11, 2012 - 5:51 pm

    aku biasanya pakai tukang ojek bayar stnk :malu:

  12. #12 by atdayyan on Januari 11, 2012 - 9:18 pm

    wah, lengkap banget nih, thanks infonya :D

  13. #13 by kang nur on Januari 12, 2012 - 2:59 pm

    Saat ini lebih mudah untuk membayar pajak motor karena sudah menggunakan sistem online

  14. #14 by r10 on Januari 12, 2012 - 6:13 pm

    eh tadi aku kena tilang, minta slip biru dikasih denda 500 ribu :(

    #komen ga penting banget

  15. #15 by Cara Hidup sehat on Januari 14, 2012 - 5:11 am

    info yg sangat berguna, sangat lengkaaaapp

  16. #16 by Randeezt on Januari 23, 2012 - 7:52 pm

    Nice Info gan… :)

  17. #17 by beni on Februari 29, 2012 - 6:31 am

    waduhhh lengkap buanget tanks ya aku mau ah klo cpet sih

  18. #18 by ewherianto on Maret 22, 2012 - 10:02 am

    baguuus3 infonya, tmks.
    satu lagi : bagaimana pengajuan perpanjangan nomor yang sama (pada 5th yang kedua) untuk plat nomor cantik motorku jupiter mx th 2008, apakah ada prosedur &/atau biaya khusus (sekedar perkiraan rph) ?? atau lain2 ? mohon infonya, tmks. – ewherianto

    • #19 by MENONE on Maret 22, 2012 - 10:05 am

      klo pesan nomer cantik bisa sobat……….. namun biasanya nambah ongkos hehehehehehe….. berapa nominalnya ane ga bisa sebutin tiap daerah kayaknya berbeda

  19. #20 by ewherianto on Maret 22, 2012 - 10:22 am

    tmks, respon cepatnya.
    iyaaa beda2… draft mungkin via email : ewherianto@yahoo.co.id
    tmks abisss, bro…

  20. #21 by Anonymous on Juni 12, 2012 - 11:23 pm

    thnks bngt gan..
    Infonya sangat membantu..

  21. #22 by anugrah pangestu (@anugrahp) on Agustus 10, 2012 - 6:32 am

    postingannya sangat membantu, sukses selalu Om

  22. #23 by syamsudin on Agustus 12, 2012 - 10:57 am

    saya mw tanya pak, klo cetak STNK yg rusak akibat kenak air, trs kira2 berapa biayannya klo cetak ulang? lika liku tentang denda telat bayar pajak itu perhitungannya bulanan ap harian?? makasih,,

  23. #24 by Asmanto on September 3, 2013 - 7:52 pm

    Tanks infoya gan

  24. #25 by Anonymous on September 26, 2013 - 7:41 pm

    saya pikir perpanjangan BPKB<motor tidk perlu dibawa?yg penting persyaratanya lengkap,,,motor saya habis bulan April 2014,tp motor sy ada di Bandung,sementra motor belinya di Kebumen…Mohon kl kondisinya kaya gini,ada solusi selain motor hrus dibawa ke kebumen???? tks

  25. #26 by Anonymous on September 26, 2013 - 7:43 pm

    maaf ,,jadi total biaya yg hrus kita keluarkan untuk perpanjangan BPKB dan STNK jdi brp ya??nyampe 500rbuan ya??tks

  26. #27 by muslim on Desember 27, 2013 - 1:21 pm

    <3..(`'•.¸(` '•. ¸ * ¸.•'´)¸.•'´)..<3
    «★☆ :) SiiipP:DSiiipP(y);) ★☆» <3..(¸. •'´(¸.•'´. * `'•.¸)`'•.¸).. Infonya, tapi gimana kalau ktp asli pemilik pertama tdk ada, apa syarat ktp tersebut bisa di ganti pemilik ke dua, atau bisa ngak samsat melacak no tlp pemilik pertama utk kita hubungi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 446 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: