Modus Penipuan kasir Indomaret

Saya adalah salah seorang pelanggan setia sebuah minimarket yang bernama INDOMARET Dimana telah mempunyai cabang dimana-mana dan hampir seluruh kota di Negeri ini dengan jumlah gerai yang mencapai lebih dari 8.251 diwilayah jawa, madura, bali, sumatera dan sulawesi. Terdiri dari 40% gerai milik terwaralaba dan 60% gerai milik perusahaan (sumber klik disini).

Saya pernah beberapa kali membaca sebuah artikel yang menceritakan tentang modus-modus penipuan yang dilakukan dibeberapa minimarket Dan pernyataan beberapa teman yang telah menjadi korban juga. Tadi pagi tanpa sadar saya ternyata telah menjadi korban juga dari modus penipuan minimarket ini.

Ceritanya berawal saat pagi hari ketika saya berangkat bekerja, saya mampir INDOMARET untuk membeli beberapa pack kopi instan dan rokok. Saat saya mengambil kopi sachet yang di display di rak etalase disitu tertera harga Rp. 7.350 (ABC kopi STMJ), akhirnya saya putusin buat ambil 4 pack @isi 10bks/sachet. Selain kopi saya juga belanja beberapa pack rokok.

PENIPUAN INDOMARET MALANGDITIPU

Setelah ambil beberapa barang sayapun ke kasir untuk membayar barang belanjaan, dan saat pembayaran saya lihat dilayar kasir (saat barcode kopi STMJ) harga satu pack Rp. 8.200,- ketika itu pula saya langsung protes ke kasir yang melayani saya, karena harga antara yang di display sama kasir tidak sama dan lebih mahal. Namun kasir tetap ngotot harga ikut yang ada di computer, saat itu ada beberapa orang yang mengantri dibelakang saya, akhirnya sang kasir bilang “iya pak ada discount” padahal sebelumnya ga bilang kalau ada discount. berikut pic nota pembayaran:

INDOMARET MENIPUpenipuan indomaretpenipuan diindomaret

Saya berbelanja di INDOMARET cabang sengkaling lokasinya berada di depan Taman Rekreasi sengkaling Malang. Saya sudah menjadi pelanggan minimarket ini semenjak pertama dibangun hingga hari ini, dan baru tadi pagi saya sadar bahkan saya telah menjadi korban dari penipuan INDOMARET (cabang sengkaling Kota Malang ).

Entah sudah berapa banyak lagi pelanggan-pelanggan lain yang sudah tertipu tanpa mereka sadari, dan saya yakin bukan cuma produk (kopi STMJ) saja yang harganya tidak sesuai, mungkin masih banyak produk-produk lain yang dibuat modus sama, dengan embel-embel harga murah namun tidak sesuai dengan harga yang harus dibayar, dalam artian harga murah cuma yang tertera di rak/etalase saja namun harga yang harus dibayar lebih mahal.

penipuan minimarketINDOMARET MENIPU MALANG

Mana nich moto INDOMARET “Mudah & Murah” saya rasa cuma omong kosong saja, Mohon buat pihak INDOMARET jangan salah gunakan kepercayaan konsumen, memang kalau dilihat dari nominalnya kecil (Rp.850,-) tapi sudah berapa banyak pelanggan yang sudah tertipu tanpa mereka sadari, kita buat saja sebuah perumpamaan dari nominal yang kecil tersebut, misal setiap gerai dalam 1 hari menjual 10 pack kopi:

  • Rp. 850,- X 10 = Rp 8.500,- / gerai
  • Ada lebih dari 8.251 Gerai X Rp. 8.500,- = Rp. 7.013.350,- / hari
  • Rp. 7.013.350 X 30 = 210.400.500,- / Bulan

Coba lihat saja sudah berapa banyak uang atau keuntungan yang didapat dari modus seperti ini ? itu hanya 1 produk saja, bayangkan jika masih ada produk-produk yang lain.

Artikel ini bukan bermaksud menjelek-jelekkan minimarket tersebut, namun sebagai konsumen/pelanggan saya berharap pihak management INDOMARET bersikaplah profesioal dan jujur dalam mencari keuntungan, Saya sebagai pelanggan yang sudah lama jujur kecewa dengan kejadian seperti ini. Semoga artikel kali ini bermanfaat buat kita semua…… Makasih salam MENONE

NB:
disitu ada potongan harga sebesar 3400
catatan: potongan/discount didapat setelah sempat saya protes… baru kasir ngasih potongan… sebelumnya ga ada discount/potongan

Temukan Artikel menarik lainnya disini:

About these ads

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

  1. #1 by Anonymous on Agustus 30, 2013 - 11:33 am

    Itu kan sudah ada di diskon bawah nota 3400
    Kalau di Komputernya 8200 di rak 7350 berarti kan selisih@850 x4 = 3400

  2. #2 by Budi Nurhikmat on Agustus 30, 2013 - 8:20 pm

    mungkin begini : pada saat scaning, barang terakhir adalah ABC kopi STMJ, dan otomatis dilayar kassa tertera 8200, kemudian diprotes harga yg berbeda (padahal tdk komplain pun saat kasir ketik jumlah qty, otomatis jumlah total potongan harga tertera). Yang saya tau seorang kasir minimarket tidak punya otoritas melakukan potongan sendiri (kebayang kalau punya hak motong sendiri hehhhe….bisa jebol), sistem POS retail skarang banyak yg print out stuk-nya memunculkan harga awal dan jumlah potongan harga di akhir item barang. Dan pasti kasir ybs sepertinya tidak tahu ada promo, karena setting harga sudah di update dari head ofice mereka sehingga rada2 bingung, Yup …seharusnya di rak mereka sudah ada keterangan promo biar konsumen tidak bingung. Dan kalaupun tidak ada promo, hak konsumen dilindungi UUPK untuk mendapatkan harga terendah bila ada perbedaan harga.

  3. #3 by Emanuel Setio Dewo on September 5, 2013 - 11:03 pm

    Memang seringkali diskon atau potongan ditampilkan secara total di bawah. Saya sering dapat diskon atau potongan model begini.

  4. #4 by arnize on September 8, 2013 - 12:06 pm

    ohhh baru tau
    mudah2an si kasir gak bermaksud demikian :D

  5. #5 by Irsan on Oktober 1, 2013 - 1:55 pm

    Penipuan terjadi juga di indomaret samping jalan tol bandara.. Terletak di pintu tol keluar arah dadap kalo dari arah bandara.. Harga aqua ukuran 600ml dan 330ml.. Harganya sama2 Rp 2500… Teliti sebeloom membeli guys

  6. #6 by Muhammad iqbal andri saputra on Oktober 9, 2013 - 1:37 am

    Kalo gini pënipu pênipu tahun 2013/2014 kalo ad pénïpu ïndømårët harus d laporkan ke polsek atau polisi

  7. #8 by Anonymous on Oktober 27, 2013 - 11:14 pm

    emm,,kalau menurut saya sebagai konsumen yang bijak dan teliti sebaiknya menanyakan kebenaran harga yang terpasang dirak sebelum membeli.dan untuk mengatakan bahwa ini penipuan saya rasa berlebihan.

  8. #9 by Chilia on November 4, 2013 - 7:26 pm

    Masalah sepele aja dibesar besarin itu sih kesalahan personil toko yg lupa ngupdate harga mungkin saking banyaknya kerjaan dalam toko.. !

  9. #10 by fina on November 17, 2013 - 9:06 pm

    d indomaret hrga slu brubah..mgkin pgwai a lupa ganti price tag a ato emg keteteran am pkrjaan a jd hrga lpa d gnti..
    lgpula ad jg ko kasir a mw gnti rugi apbila hrga brbeda itu jg ud prosedur a..mslah spele bgni..

  10. #11 by njalmo on November 22, 2013 - 2:53 pm

    Lebayyy..pasti konsumen itu rewelll…

  11. #12 by rezA on Desember 25, 2013 - 4:41 pm

    [d̲̅i̲̅] indomaret emang setiap hari harga banyak ϒɑ̲̮̲̅͡ñG̲̮̲̅͡ berubah mungkin karyawan indomaret udah mengganti harga ϒɑ̲̮̲̅͡ñG̲̮̲̅͡ berubah namun G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ semuannya.mungkin dikarenakan lebel harga ‘Ώγ̲̣̣̥∂ abis pihak indomaret Ĵυ̲̣g̲̅ɑ̤̈̊ mengusahkan agar lebel harga dan pos pembyaran itu §a̐♍a̐ tp ♍α̲̅ϋ diapain kalo lebel harga itu abis mungkin karyawan indomaret merasa serbasalah karna kalo lebel harga tidak ª∂a̲̅ mereka Ĵυ̲̣g̲̅ɑ̤̈̊ [d̲̅i̲̅] omelin Såª♏å Öя̲̅ά̲̣̣∏ƍ kantor ‘Ώγ̲̣̣̥∂ dan sebalik ‘Ώγ̲̣̣̥∂ lebel harga ª∂a̲̅ tp tidak sesuai dengan pos pembayaran Ĵυ̲̣g̲̅ɑ̤̈̊ diomelin jd untuk pelanggan setia indomaret ª∂a̲̅ baik ‘Ώγ̲̣̣̥∂ kalo merasa ragu dngan harga itu lebih baik ditanyakan langsung kepada kasir nya

  12. #13 by Anonymous on Januari 28, 2014 - 11:51 am

    lebai banget nih orang

  13. #14 by Anonymous on Januari 28, 2014 - 11:53 am

    makanya kalau belanja teliti dulu… tanya dulu sebelum barangnya di scan ke kasir,,.. kalau kira2 gak sesuai kan bisa mikir.. GITU AJA KOX REEPPOOTTT>>

  14. #15 by rifki on Maret 21, 2014 - 12:20 am

    Ʊ̈̇ϑǻƗƚ jels itu kesAlahan dari karyawaN bkan dri perusahaN kalo kita jeli dalAm membaca ya kita tidak mungkin mengfonis ini penipuaN dri perusahaN tp ini adalah cra dri ksir indomaret mencri untung krna sya menemukan kan tidak hanya di indomret tpi di alfamart alfamidi superindo giant

  15. #16 by wawan on Mei 16, 2014 - 11:05 am

    Leeebbbbbaaaayyyyyy bungud

  16. #17 by unknowname on Juli 7, 2014 - 12:05 am

    itu potongan harga udah otomatis dalam komputer… waktu di scan memang harga yg tercantum harga normal…. tp setelah print out itu harga udah kepotong. sekali jadilah costumer yang cerdas….. di indomaret itu harga nya setiap hari bisa berubah.

  17. #18 by prabu satya on November 13, 2014 - 5:47 am

    Jgn menjadi konsumen bodoh yg hanya karena selisih harga. 850 d persoalkan.
    Begini, saya luruskan singkat aja. Knpa harga d label rak beda. Dgn yg d komp? Itu sebabnya ada kenaikan harga. Yg belum sempat d cetak atau d ganti price list yg ada di rak , hal ini memang kesalahan pihak tokonya krna tidak langsung mengganti price list yg ada d rak dg kenaikan harga yg. Bru d komp. Tetapi si kasir tetap tanggung jwb kan, dgn memberikan hrga sesuai d price list yg tertera d rak kan? Tetapi dg penyampaian. Ada potongan harga. Dsini bkn konsumen yg d tipu tapi malah si kasir sendiri yg menipu dirinya sendiri demi membayar kesalahannya,si kasir mau mengganti kekurangan harga yg seharusnya dgn bermodus diskon. Maf para konsumen mini market, ini lah yg dpt saya simpulkan agar tdk menjadi kesalahpahaman dan merusak citra baik INDOMARET.

  18. #19 by wawan on Desember 2, 2014 - 9:36 am

    Saya pelangan indomaret,saya mo tanya kenapa promo susu Fisr flag 123 tidak sesue dengan yg d brosor,klau beli 2 all varian dapat minyak goreng 2 liter,teryata pas saya beli kok dapet 1 liter.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 457 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: