Makna Di Balik Bangku Kosong

Saat menginjak kelas tiga SMU aku selalu sebangku dengan sahabat ku yang bernama Muhammad kholiq, dia salah satu sahabat ku yang sangat unik, kenapa tak bilang unik karena dia jarang mandi hehehehehehehehe……. Dan juga selalu nyontek saat ulangan maupun ujian namun dia adalah sahabat yang asyik dan juga menyenangkan, saat yang paling aku inget adalah kalau pas ujian/ulangan dia udah bisa dipastikan mepet-mepet tempat duduk ku sambil berkata “eh menone nyontek dunk nomer sekian…….” Sambil memasang wajah yang sangat melas, kalau udah gitu aku pasti ga’ tega jadinya langsung aja tak kasih tahu jawabannya, Diapun langsung tersenyum sambil mangguk-mangguk gitu hehehehehehehe………….

Setiap kali jam istirahat kami selalu ke kantin bersama-sama, kadang makan bakso ato sekedar jajan makanan kecil dan tak jarang pula sembunyi di gang sekolah buat merokok bersama ( biasanya sebatang rokok buat berdua hehehehehehe………mohon jangan ditiru ya ini contoh yang ga baik),

Saat bulan suci Ramadhan tiba, minggu pertama awal puasa sekolah kami diliburkan selama satu minggu penuh, selama libur sekolah aku hanya dirumah menjalankan ibadah puasa dan malas tuk keluar karena jujur badan masih lemas karena masih adaptasi dengan awal-awal puasa. Saat masa liburan selesai dan kamipun kembali lagi ke bangku sekolah, namun ada yang beda kali ini sahabat sebangku aku MK ( baca: Muhammad Kholiq) kosong alias dia tidak masuk, temen-temen saling komentar “waaahhhhh MK kurang puas nich liburannya rek….” Dan semua saling comment-comment dengan pemikiran mereka masing-masing, aku sendiri sempat berfikir “ dasar nich anak ga niat sekolah, udah libur satu minggu masih kurang juga” namun belum sempat berpikir panjang lebar tiba-tiba wali kelas aku masuk dan seketika teman-teman yang semula ramai sendiri-sendiri langsung terdiam.

Saat kondisi kelas udah mulai tenang Pak Biyanto (wali kelas kita saat itu) mulai angkat bicara, “Assalammu’alaikum Wr. Wb. Selamat pagi anak-anak, sebelumnya Bapak ucapkan selamat menjalankan ibadah puasa dan semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT, amin 3x….. Pada kesempatan kali ini bapak mau menginformasikan yang berkenaan dengan ketidak hadirnya salah satu sahabat kalian yaitu MK, tiga hari yang lalu pihak sekolah mendapatkan informasi berita duka yaitu bahwa MK kecelakan dan meninggal dunia………………”

Saat itu pula seakan-akan aku tidak percaya dengan apa yang barusan dikatakan pak Biyanto, begitu pula sahabat-sahabat yang lain…….. Namun dengan segera pak Biyanto menerangkan dengan detail kronologi terjadinya kecelakaan yang akhirnya merenggut nyawa sahabat terbaikku itu, dan pada akhir bicaranya pak biyanto mengajak semua murid untuk berdo’a bersama untuk mendo’akan MK, dan pada saat jam pulang sekolah kita (teman-teman dan guru) langsung kerumah MK, dan ternyata kabar tersebut benar adanya.

Hari-hari berikutnya, aku duduk sendiri dengan bangku kosong disebelahku dan tiap kali aku melihat bangku kosong ini, pikiranku langsung teringat sama MK seorang sahabat yang selalu menemaniku saat-saat disekolah, senang dan duka aku jalani sama dia……sobat kau tak akan pernah terlupakan dan akan ku kenang selamanya, selamat jalan sobat semoga kau tenang disisinya, AMIN.

NB: Ini adalah kisah nyata, dan sudah 10 tahun berlalu namun seorang MK tak pernah lepas dari pikiran seorang sahabat, sobat Semoga kau diterima dan tenang disisi-NYA.

Hikmah yang bisa kita petik adalah:

  • Segala sesuatu akan terasa lebih bermakna saat-saat sudah tiada/meninggalkan kita.
  • Hargailah antar sesama apapun keadaan orang itu.
  • Berikan yang terbaik saat ini juga buat orang lain, dan jangan menunda-nunda.
  • Cintailah, sayangilah dan hargailah orang-orang yang ada disekitarmu, sebelum mereka meninggalkanmu.
  • Lepaskan kepergian seseorang dengan senyuman karena kita telah berbuat yang terbaik buat dia, dan jangan sampai kau ditinggal dengan penyesalan karena belum berbuat sesuatu apapun.
  • Dibalik keburukan pasti ada nilai kebaikan.

Artikel ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Cermin Berhikmah di BlogCamp

  1. #1 by xxcontinuexx on Januari 23, 2011 - 8:57 pm

    pertamax kh?
    wah, turut berduka mas ats mngglnya sahabat mas..

    • #2 by menone on Januari 23, 2011 - 9:11 pm

      iya…… makasih sobat

  2. #3 by fitr4y on Januari 23, 2011 - 9:00 pm

    kisah sedih,

    mga sukses ya dg kontes na ..

    salam 🙂

    • #4 by menone on Januari 23, 2011 - 9:12 pm

      makasih….. do’a in menang ya cz ni kontes pertama yang saya ikutin hehehehehehehehehe…………..

  3. #5 by kawanlama95 on Januari 23, 2011 - 9:54 pm

    pasti tertawa mengingat masa lalu kita namun ada kesedihan yang mendalam. semoga di pertemukan nanti di surga bersama sahabatnya MK… amien

    • #6 by menone on Januari 23, 2011 - 10:06 pm

      aminnn………………. emang sob persahabatan to indah bgt

  4. #7 by Masbro on Januari 23, 2011 - 10:23 pm

    Semoga saya juga bisa memetik hikmah hikmah yang sampean tulis. Dan semoga sukses di kontes. Salam hangat dari jember;

    • #8 by menone on Januari 23, 2011 - 10:40 pm

      makasih sobat………..salam balik dr malang

  5. #9 by Karina on Januari 23, 2011 - 10:43 pm

    Semoga si MK diterima di sisi-Nya yah.. Sukses juga kontesnyaa.. 🙂

    • #10 by menone on Januari 23, 2011 - 11:54 pm

      amin….makasih do’anya buat MK…………… iya sob sama2 makasih ya kunjungannya

  6. #11 by Ade Truna on Januari 23, 2011 - 10:56 pm

    sangat kehilangan, ya? *takdir tak bisa dipungkiri…

    • #12 by menone on Januari 23, 2011 - 11:55 pm

      mbener bgt sob…..br seminggu kita bercanda tidak tahunya udh ga bs ketemu buat selamanya……………

  7. #13 by Mood on Januari 23, 2011 - 11:14 pm

    Semoga sahabatnya tenang disisi Nya ya.
    Sukses buat kontesnya.

    Salam.. .

    • #14 by menone on Januari 23, 2011 - 11:56 pm

      iya sobat makasih……………succes juga ya

  8. #15 by Runa Van Error on Januari 24, 2011 - 5:47 am

    Sedih
    turut berduka cita kak

    • #16 by menone on Januari 24, 2011 - 11:50 am

      iya sobat makasih ya………………….

  9. #17 by sedjatee on Januari 24, 2011 - 6:12 am

    keren hikmahnya kang
    semoga sukses kontesnya
    salam

    sedj

    • #18 by menone on Januari 24, 2011 - 11:52 am

      makasih bgts sobat………do,a succes ya sob hehehehehehehe…………

  10. #19 by teguhsasmitosdp1 on Januari 24, 2011 - 9:01 am

    Kisah yang tak akan pernah terlupakan tentu saja

    • #20 by menone on Januari 24, 2011 - 11:55 am

      iya sob, nich sebuah pengalaman arti sebuah persahabatan yang sangat berharga………………

  11. #21 by jumialely on Januari 24, 2011 - 9:24 am

    Menghargai dan menerimalah dalam persahabatan. atas stempel komandan blogcamp JURI datang menilai. Terima kasih atas cerita kehidupan yang penuh hikmah, salam hangat

    • #22 by menone on Januari 24, 2011 - 11:57 am

      menone ucapkan banyak terima kasih atas diikut sertakan artikel ini ke dalam kontes K.U.C.B…………….. makasih kunjungannya

  12. #23 by eyha4hera on Januari 24, 2011 - 10:03 am

    sedih banget… 😦

    • #24 by menone on Januari 24, 2011 - 11:59 am

      iya sob…..sulit terlupakan

  13. #25 by Madzhab Bisnis OnLine on Januari 24, 2011 - 11:06 am

    moga artikelnya kepilih jadi pemenang kontes yach!!!

    moga sukses…!!! klo menang, jangan lupa traktiran yach :p hehehe

    • #26 by menone on Januari 24, 2011 - 12:02 pm

      amin3x…………….. iya sob, makasih ya………

  14. #27 by Denuzz BURUNG HANTU on Januari 24, 2011 - 11:12 am

    Wah, ternyata Menone ikutan juga…
    Sukses deh… 😀
    Kita saingan loh… 😉

    Salam sayang dari BURUNG HANTU… Cuit… Cuit… Cuit…

    • #28 by menone on Januari 24, 2011 - 12:05 pm

      amin……. ayoooo kita saingan hehehehehehe…… nich kontes pertama yang menone ikutin, hahahahahhahahahaha…….moga2 succes

  15. #29 by Suryadi IMFC on Januari 24, 2011 - 3:25 pm

    apapun selalu ada hikmahnya 🙂
    keep posting 🙂

    • #30 by menone on Januari 24, 2011 - 3:48 pm

      iyapz mbener bgt sobat……………kita bs mengambil hikmah dr kejadian2 disekitar kita

  16. #31 by kang ian dot com on Januari 24, 2011 - 3:27 pm

    waduuh jadi kaya di pelem2 y hantu bangku kosong 😀

    • #32 by MENONE on Januari 25, 2011 - 3:04 pm

      weeeeeeeeeee ya ga sama to sob……. ni seorang sahabat n ga jd hantu

  17. #33 by lulusyahputri on Januari 24, 2011 - 3:28 pm

    greaaat…..

    salam kenal ya …

    /lu2

    • #34 by MENONE on Januari 25, 2011 - 3:05 pm

      salam knl balik sobat… makasih kunjungannya ya…… salam

  18. #35 by Ann on Januari 24, 2011 - 4:07 pm

    Semoga sahabatnya sudah tenang disisiNya.
    Memang kita sering kurang menghargai apa yg ada tapi merasa kehilangan ketika dia sudah pergi… koq jadi kayak lagu IDP 🙂

    • #36 by MENONE on Januari 25, 2011 - 3:05 pm

      amin3x………… makasih sobat

  19. #37 by panggilakudinda on Januari 24, 2011 - 5:14 pm

    Kayaknya sahabatnya begitu amat bermakna di hati ya..sampai kenangannya begitu melekat, dan di jadikan tulisan…hebat..

    sukses ya buat kontesnya..=)

    • #38 by MENONE on Januari 25, 2011 - 3:07 pm

      iya dia sahabat menone yg terbaik……….

      makasih sobat

  20. #39 by faruq on Januari 24, 2011 - 5:44 pm

    turut berduka cita atas kepergiannya,..

    • #40 by MENONE on Januari 25, 2011 - 3:07 pm

      maksih sobat………..

  21. #41 by Daun on Januari 24, 2011 - 6:12 pm

    Wah mantap sobat postingnya ditambah kisah nyata lagi semoga bisa memenangkan kontes.

    Salam

    • #42 by MENONE on Januari 25, 2011 - 3:08 pm

      amin……..iya sob nich kisah nyata……… makasih ya sob……

  22. #43 by geminicszazus on Januari 24, 2011 - 8:07 pm

    saya juga pernah merasakan ketika masih duduk di bangku smk kelas 1, kehilangan sahabat karena sakit kronis.
    memang rasanya pahit. tapi kita bisa banyak mengambil hikmah, dan setelah kejadian itu kami lebih mencintai dan jauh menghargai satu sama lain. 🙂

    • #44 by MENONE on Januari 25, 2011 - 3:10 pm

      iya emang klo kita merasakan hal tersebut kita akan semakin menyayangi dahabat maupun sdr n orang2 yang ada disekitar kita……….

  23. #45 by marsudiyanto on Januari 24, 2011 - 9:36 pm

    Semoga Mas MK diterima disisi Allah SWT
    Meski nggak mungkin kembali, tapi semoga mendapatkan teman lain yang juga sebaik Mas MK.
    Selamat berkontes, semoga berjaya

    • #46 by MENONE on Januari 25, 2011 - 3:11 pm

      amin3x………. iya sob dengan nge-blog menone juga telah mendapatkan sahabat2 yg baik…………..

      makasih sobat…..

  24. #47 by bangauputih on Januari 25, 2011 - 12:26 am

    sukses mas, critanya bagus. semoga hikmahnya bisa tertanam di hati setiap yang membacanya. amin

    • #48 by MENONE on Januari 25, 2011 - 3:11 pm

      iya sob semoga bisa dijadikan pelajaran buat yang lain………

  25. #49 by ada-akbar.com on Januari 25, 2011 - 5:48 am

    Luar biasa. .
    indahnya sahabat akan terus dikenang sepanjang masa.. .

    • #50 by MENONE on Januari 25, 2011 - 3:12 pm

      bener bgt sobat sebuah persahabatan emang indah n sulit tuk dilupakan………………….

  26. #51 by blogbobby on Januari 25, 2011 - 6:10 am

    Sahabat sejati adalah sahabat yg meninggalkan jejak di hati kita.
    Wah, selamat berkompetisi, sob… moga menang.. hehehe

    • #52 by MENONE on Januari 25, 2011 - 3:14 pm

      mbener bgt sob , bagi menone persahabatan adalah segalanya………….

      amin3x…. makasih do’a-nya sobat

  27. #53 by ●●●ЄЯШЇЙ●●● on Januari 25, 2011 - 10:22 am

    terharu… 😥
    semoga menang kontesnya 🙂

    • #54 by MENONE on Januari 25, 2011 - 3:14 pm

      amin…………makasih ya sobat……..

  28. #55 by Remaja Penuh Warna on Januari 25, 2011 - 12:28 pm

    waw ikut di blog camp juga. Selamat berjuang,
    aku enggak punya inspirasi buat ikutan
    hehehe

    • #56 by MENONE on Januari 25, 2011 - 3:16 pm

      nich juga kontes pertama yang menone ikutin sob…..hehehehehehehehe

  29. #57 by ardi on Januari 25, 2011 - 1:36 pm

    ada yang seperti itu juga teman saya

    • #58 by MENONE on Januari 25, 2011 - 3:16 pm

      iya sob……… menone ikut berduka juga buat temen sobat

  30. #59 by Goda-Gado on Januari 25, 2011 - 2:44 pm

    allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu
    amiin

    • #60 by MENONE on Januari 25, 2011 - 3:16 pm

      amin3x….. makasih sobat

  31. #61 by mamung on Januari 25, 2011 - 3:53 pm

    postingannya keren..
    semoga menang kontesnya mas…

    • #62 by menone on Januari 25, 2011 - 4:39 pm

      okey makasih banyak ya do’anya………………….salam sobat

  32. #63 by bayuputrabio on Januari 25, 2011 - 4:15 pm

    Selamat sore ….
    sukses untuk kontesnya .. semoga menang.

    • #64 by menone on Januari 25, 2011 - 4:44 pm

      selamat sore sobat…..

      iya sob makasih ya….amin

  33. #65 by dewifatma on Januari 25, 2011 - 4:41 pm

    Moga temannya Menone udah tenang di alam sana.
    And
    Moga menang kontes ya?

    • #66 by menone on Januari 25, 2011 - 4:46 pm

      amin3x……..

      iya makasih sob………..

  34. #67 by indobrad on Januari 25, 2011 - 5:01 pm

    wow. cerita yg mengharukan. dan poin2 hikmah itu sangat mencerahkan. thanks for sharing ya 😀

    • #68 by MENONE on Januari 28, 2011 - 1:27 pm

      iya sobat sama2…….semoga bisa dijadikan hikmah buat sobat2 semua

  35. #69 by Guvee on Januari 25, 2011 - 6:13 pm

    Semoga dari sharing ini kita dapat mengambil hikmahnya….

    • #70 by MENONE on Januari 28, 2011 - 1:29 pm

      iya sob…..amin3x

  36. #71 by luthfie fadhillah on Januari 25, 2011 - 8:35 pm

    wew..daerah mana tuh gan.. bangku sampe kosong begitu…
    ane ikut prihatin gan

    klo disenayan malahan orang sampe menghalalkan cara untuk berebutan bangku…

    • #72 by MENONE on Januari 28, 2011 - 1:32 pm

      waaaaahhhhh……… ga baca isinya nich, cm liat gambarnya az ya?

  37. #73 by udienroy on Januari 26, 2011 - 7:34 am

    Wah kenangan kisah duka jadi turut burduka, cuma sayangnya kejadiannya sudah 1 dekade,

    • #74 by MENONE on Januari 28, 2011 - 1:36 pm

      iya sob walaupun udh lama namun tetap membekas….

  38. #75 by presyl on Januari 26, 2011 - 7:59 pm

    wah.. itu sih sampai kapanpun ga akan pernah lupa.. temen sebangku sendiri soalnya

    • #76 by MENONE on Januari 28, 2011 - 1:38 pm

      iyapz….mbener bgt sobat, ga akan bs terlupakan

  39. #77 by Prima on Januari 27, 2011 - 6:27 pm

    sedih mas…. saya juga punya temen les, selalu bareng kalo pulang les… she’s gone… T_T

    • #78 by MENONE on Januari 28, 2011 - 1:40 pm

      sabat emang segalanya sobat.

  40. #79 by d34nmu on Februari 6, 2011 - 6:04 am

    sedih memang jika kehilangan seorang yg berarti, bagus hikmahnya sobat.

    • #80 by MENONE on Februari 16, 2011 - 9:13 pm

      iyapz mbener bgt sobat……..

  41. #81 by satria on November 14, 2013 - 1:24 pm

    itu kejadian,a d.daerah mn.

  42. #82 by Anonim on September 29, 2014 - 7:54 pm

    Semoga diterimg di sisinya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: