Berbagi di Forum Komunitas (2)


Ada banyak pilihan ‘rumah’ untuk membuka forum komunitas di internet. Setelah memahami dan memilih aturan main, buatlah checklist awal untuk kelengkapan forum. Checklist itu meliputi beberapa hal.

1.      Kategori Forum. Di bagian ini anda harus teliti, jangan sampai kategoriyang satu dengan yang lain memiliki isi yang overlapping. Thread dikategori A juga bisa ada dikategori B. Selain membingungkan pengunjung, Anda sebagai administrator juga akan kesulitan.

2.      Peraturan Forum Umum. Menyangkut tata tertib dan sopan santun ber-foru. Apakah bicara kasar diperbolehkan? Apakah gambar porno diizinkan? Apakah melakukan posting yang sama berulang-ulang tidak apa-apa? Bagaimana caranya supaya pengunjung tidak OOT (Out Of Topics) dan memudahka pengunjung lainnya mencari informasi yang berguna. Sanksi apa yang akan diterapkan jika user melanggar? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu harus Anda jawab  dan sebaiknya ditulis terlebih dahulu daftarnya.

3.      Peraturan Forum Teknis. Menyangkut cara posting yang baik dan benar. Postingan yang tidak benar seperti upa menutup tanda Bbcode, tidak me-resize gambar (terlalu besar) sesuai aturan sehingga merusak layout forum dan sebagainya. Tentu saja akan mengganggu user lainnya. User pemula sebaiknya diberi tempat untuk latihan posting dan diset menjadi auto prune (menghapus secara otomatis setelah sekian hari).

4.      Izin Akses. Apakah user boleh Attachment? Apakah usr boleh mengirim e-mail via PM (Privat massaging)? Apakah forum X boleh dilihat semua orang? Bagaimana dengan Guest? Apaka mereka boleh ikut posting? Apakah perlu menggunakan passworddi kategori tertentu? Semua ini juga berkaitan dengan fitur forum system. Jadi sebaiknya anda membaca dokumentasinya.

5.      Cara Registrasi. Registrasi ada 3 cara. Pertama, user yang melakukan verifikas melalui e-mail. Kedua, verifikasi dilakukan oleh admin. Ketiga, tidak perlu verifikasi, daftar, langsung bisa login. Biasanya cara yang paing sering digunakan adalah cara pertama dan beberapa vorum private menggnakan cara kedua. Semua tergantung kebutuhan. Setting-lah cara registrasi dengan bijaksana.

6.      Forbidden words. Kata-kata terlarang. Kumpulkan semua kata terlarang offsensif yang anda tahu. Baik itu yang eksplisit maupun implisit. Anda bisa menyensornya menjadi misalnya f**katau langsung menjadi –sensor-.

7.      Panduan teknis. Buatlah sebuah thread baru berisi panduan teknis untuk melakukan berbagai hal misalnya: posting gambar, mengggunakanBBcode, posting video (jika ada), engirim pesan private, lupa password, dan sebagainya. Semakin detai membuat panduan teknis, semakin cepat user pemula menjadi terbiasa dengan forum.

Kurang lebih seperti itu, jika forum sudah jalan dan mulai ramai mungkin anda harus mempertimbangkan merekut moderator. Moderator bertugas sebagai perpanjangan tangan adinistrator. Sebaiknya moderator mengerti akan bidang kategori forum yang dibuat. Misalnya forum tentang photoshop sebaiknya moderasi oleh orang yang paham photoshop.

Forum mmang akan menjaring banyak ser jika dikelola dengan baik. Akan tetapi, jika anda tidak siap dan berkomitmen untuk membuat forum, sebaiknya tidak perlu dibuat. Forum yang tampak sepi pengunjung pun akan lari. Mereka pasti akan malas bergabung jika hal itu terus-menerus terjadi, kesempatan menjaring traffic akan hilang.

Sobat semoga bermanfaat…… makasih kunjungannya, dan salam persahabatan selalu dr MENONE

sumber tips mingguan : Surya 13/03/2011

  1. #1 by alice pngen ..... on Maret 16, 2011 - 7:41 pm

    Wew

    • #2 by menone on Maret 16, 2011 - 8:30 pm

      allowwwwwwwwwwwwwwwwwwww

  2. #3 by yuniarinukti on Maret 16, 2011 - 9:55 pm

    Saya ga ngerti Mas cara ikutan forum, paling banter sih hanya ngeblog dan blogwalking 😛

    • #4 by menone on Maret 17, 2011 - 1:32 pm

      hehehehehehehehe….. sama sob menone juga lagi belajar hehehehehehe

  3. #5 by moch adnan on Maret 16, 2011 - 10:11 pm

    Nyoba” ah… Trim’s udh mampir ya mas.

    • #6 by menone on Maret 17, 2011 - 1:32 pm

      sama2 sobat…. makasih sobat udah mampir

  4. #7 by kamal on Maret 17, 2011 - 12:25 am

    tester dulu agh….. mantappppppppppp”

    • #8 by menone on Maret 17, 2011 - 1:33 pm

      monggo dinikmatin hehehehehehehe……………

  5. #9 by komputerbutut on Maret 17, 2011 - 1:12 pm

    wew…forum baru neee….

    “pantau dulu ah… ” atuut banyak mahoonya ..

    Ngacir ketkp

    • #10 by menone on Maret 17, 2011 - 1:34 pm

      langsung tancap gas bozzz hahahahahahahahaha……………….

  6. #11 by adi susanto on April 12, 2011 - 10:46 pm

    sangant bermanfaat 🙂

    • #12 by menone on April 13, 2011 - 8:31 pm

      amin3x……………………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: