TNI Musnahkan Patok Malaysia yang Dipasang di Wilayah RI

Komandan Korem 121/Alambhana Wanawwai, Kolonel Inftri Toto Rinanto Sudjiman menyatakan, pihaknya telah memusnahkan dua patok ilegal yang bertanda Juru Ukur Pemetaan Malaysia (JUP) karena masuk wilayah Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang sekitar 250 meter sehingga merugikan Indonesia.

“Atas penemuan itu sudah kami koordinasikan dengan aparat keamanan Malaysia dan mereka menyatakan dua patok itu ilegal sehingga langsung kami musnahkan,” kata Totok Rinanto Sudjiman seusai menghadiri dengar pendapat dengan Gubernur Lemhanas di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar di Pontianak, Selasa.

Ia menduga, patok ilegal itu sengaja dibuat oleh warga negara tetangga itu, dengan tujuan untuk memperluas lahan pertanian mereka.

Danrem 121/ABW menyatakan, penemuan dua patok ilegal di sekitar Desa Sepidak, Kecamatan Jagoi Babang pada 21 April 2011 oleh masyarakat yang kemudian ditindak lanjuti dengan laporan camat ke Korem 121/ABW.

“Hingga saat ini permasalahan itu telah selesai. Untuk sementara kami belum menerima adanya kasus pergeseran patok tapal batas di tempat-tempat lain,” ujar Totok.

Sementara itu, Camat Jagoi Babang Antonius Ale membenarkan, pihaknya bersama masyarakat telah menindaklanjuti temuan pergeseran patok tapal batas ke TNI.

Patok tapal batas ilegal itu ditemukan di rukun tetangga Sentabang, Dusun Kimdal, Desa Sepidak, Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang yang berbatasan dengan Kampung Sitas, Distrik Bauk (setingkat kecamatan) Malaysia.

“Patok itu sengaja dibuat warga negara tetangga itu, kemudian lahan sekitar 250 meter yang masuk Indonesia itu digunakan untuk pertanian,” ujarnya.

Wakil Gubernur Kalimantan Barat Christiandy Sanjaya menyesalkan, tindakan warga negara tetangga tersebut yang bisa merugikan Indonesia.

“Modus seperti itu sudah sering terjadi dengan tujuan mengambil hasil bumi seperti kayu dan menanami dengan perkebunan, seperti sawit,” katanya.

Apalagi menurut Wagub Kalbar sebagian besar kawasan perbatasan Indonesia dengan Malaysia adalah hutan lindung sehingga sangat rentan terjadinya pergeseran patok tapal batas dengan tujuan untuk aktivitas ilegal logging atau pembalakan hutan secara liar.

Panjang perbatasan darat antara Indonesia – Malaysia di Kalimantan mencapai 2.004 kilometer, terdiri dari Kalbar 857 kilometer dan Kalimantan Timur 1.147 kilometer.
sumber berita klik disini

, ,

  1. #1 by Agung Rangga on Mei 18, 2011 - 8:19 pm

    bagus, bagus…
    Semoga wilayah indonesia gak diambil malaysia lagi… 😀

    • #2 by menone on Mei 18, 2011 - 9:03 pm

      mbener bgt sob…. kita harus tegas

  2. #3 by PeGe on Mei 18, 2011 - 8:56 pm

    Eh Malaysia ini emang cuma jahat sama Indonesia bukan kak? Kesel baca berita semacem ini ih.. –“

    • #4 by menone on Mei 18, 2011 - 9:06 pm

      padahal kita ga pernah tuch bikin ulah ma mereka, kita selalu menghargai tetangga, tp klo gini terus rakyat ini ga akan tinggal diam

  3. #5 by ibnu on Mei 18, 2011 - 9:20 pm

    wah ini nih, Malaysia mau coba-coba caplok lahan Indonesia tapi Alhamdulillah kalo sudah selesai masalahnya… kira2 diulangi lagi gak y?

    • #6 by menone on Mei 19, 2011 - 6:23 am

      kita jotos az klo msh nakal sob………………….

  4. #7 by Mabruri Sirampog on Mei 18, 2011 - 10:06 pm

    Indonesia harus lebih meningkatkan penjagaanya di wilayah perbatasan,,,, harus cepat bertindak, jangan baru setelah kejadian baru bertindak….

    • #8 by menone on Mei 19, 2011 - 6:24 am

      mbener harus terus waspada………………..

  5. #9 by Candra Wiguna on Mei 19, 2011 - 5:25 am

    Malay emang sialan, ga cuma indo, wilayah thailand ma filipin juga pernah dicaplok..
    Untung tahi pinter jadi malay kalah gugatan, filipin tuh yang pulaunya juga hilang..
    Malay bangsat..
    Masih nyium ketek british aja udah macem2 ama negara lain..

    • #10 by menone on Mei 19, 2011 - 6:25 am

      mbener….. dia kan ga bs mandiri….. negara hadiah sob

  6. #11 by tunsa on Mei 19, 2011 - 9:20 am

    masalah beginian yg sering jadi pertikaian

    • #12 by menone on Mei 19, 2011 - 1:09 pm

      mbener bgt, dan negara mereka yg selalu bikin ulah……

  7. #13 by HALAMAN PUTIH on Mei 19, 2011 - 9:28 am

    Setiap negara dan warga negara tentunya harus saling menghormati, jangan sampai perbuatan seperti ini dilakukan hanya untuk kepentingan sendiri. Ada hak yang tidak boleh disentuh oleh siapapun meskipun itu bukan hak asasi manusia.

    • #14 by menone on Mei 19, 2011 - 1:10 pm

      mbener bgt sobat…………. seharusnya kita saling menghargai

  8. #15 by Ifan Jayadi on Mei 19, 2011 - 10:00 am

    Mudah2an kejadian semacam ini tidak terus terulang dan negara lain bisa menghormati kedaulatan negara RI

    • #16 by menone on Mei 19, 2011 - 1:11 pm

      kayaknya cm negara itu saja yg selalu bikin ulah……..

  9. #17 by SITI FATIMAH AHMAD on Mei 19, 2011 - 10:15 am

    Assalaamu’alaikum wr.wb, Menone…

    Saya setuju, tindakan cepat bisa mendatangkan kebaikan buat semua. Hak sesuatu negara perlu dihormati. Namun harus berfikiran wajar dengan tidak memberi nilai kepada semua yang tidak terlibat.

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.

    • #18 by menone on Mei 19, 2011 - 1:12 pm

      wa’alaikumsalam sobat……..

      intinya kita harus saling menjaga dan juga menghormati……

  10. #19 by nymph34 on Mei 19, 2011 - 10:25 am

    haduuhh.. batas negara lagii….mudah2an jadi jelas, bisa saling menghargai hak masing2..

    • #20 by menone on Mei 19, 2011 - 1:14 pm

      iya semoga saja mereka ngerti apa artinya sebuah rasa saling menghargai

  11. #21 by alisalv on Mei 19, 2011 - 7:15 pm

    padahal uda ada satu solusinya, yang uda berkali-kali dibilangin sama Soekarno : GANYANG AJA! Negara gitu kok dikasihani!

    tinggal jatohin dua bom atom di wilayah Malaysia looooh

    • #22 by MENONE on Mei 20, 2011 - 6:21 am

      gmn pemerintah siap ga????????????????….. klo rakyat udh siap semua nich

  12. #23 by si bhi on Mei 19, 2011 - 9:51 pm

    Diiiih cari gara2 mulu deeeh… ggrrr!
    baguuuss! emang dari pihak kita harus tegas.. biar mereka ga semena2..
    merdekaa! *loh?* :mrgreen:

    • #24 by MENONE on Mei 20, 2011 - 6:22 am

      merrrrrrrdekaaaaaaaaaaaaaaaa……………………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: