Sejarah (Kekuatan Indonesia Yang Menggetarkan Dunia)

1960-an, Era Presiden Sukarno.
kekuatan militer Indonesia adalah salah satu yang terbesar dan terkuat di dunia. Saat itu, bahkan kekuatan Belanda sudah tidak sebanding dengan Indonesia, dan Amerika sangat khawatir dengan perkembangan kekuatan militer kita yang didukung besar-besaran oleh teknologi terbaru Uni Sovyet.

1960, Belanda masih bercokol di Papua. Melihat kekuatan Republik Indonesia yang makin hebat, Belanda yang didukung Barat merancang muslihat untuk membentuk negara boneka yang seakan-akan merdeka, tapi masih dibawah kendali Belanda.

Presiden Sukarno segera mengambil tindakan ekstrim, tujuannya, merebut kembali Papua. Sukarno segera mengeluarkan maklumat β€œTrikora” di Yogyakarta, dan isinya adalah:
1. Gagalkan pembentukan negara boneka Papua buatan kolonial Belanda.
2. Kibarkan Sang Saka Merah Putih di seluruh Irian Barat
3. Bersiaplah untuk mobilisasi umum, mempertahankan kemerdekaan dan kesatuan tanah air bangsa.

Berkat kedekatan Indonesia dengan Sovyet, maka Indonesia mendapatkan bantuan besar-besaran kekuatan armada laut dan udara militer termaju di dunia dengan nilai raksasa, US$ 2.5 milyar. Saat ini, kekuatan militer Indonesia menjadi yang terkuat di seluruh belahan bumi selatan.

Kekuatan utama Indonesia di saat Trikora itu adalah salahsatu kapal perang terbesar dan tercepat di dunia buatan Sovyet dari kelas Sverdlov, dengan 12 meriam raksasa kaliber 6 inchi. Ini adalah KRI Irian, dengan bobot raksasa 16.640 ton dengan awak sebesar 1270 orang termasuk 60 perwira. Sovyet, tidak pernah sekalipun memberikan kapal sekuat ini pada bangsa lain manapun, kecuali Indonesia. (kapal-kapal terbaru Indonesia sekarang dari kelas Sigma hanya berbobot 1600 ton).

Angkatan udara Indonesia juga menjadi salahsatu armada udara paling mematikan di dunia, yang terdiri dari lebih dari 100 pesawat tercanggih saat itu. Armada ini terdiri dari :
1. 20 pesawat pemburu supersonic MiG-21 Fishbed.


2. 30 pesawat MiG-15.


3. 49 pesawat tempur high-subsonic MiG-17.


4. 10 pesawat supersonic MiG-19.

pesawat MiG-21 Fishbed adalah salahsatu pesawat supersonic tercanggih di dunia, yang telah mampu terbang dengan kecepatan mencapai Mach 2. Pesawat ini bahkan lebih hebat dari pesawat tercanggih Amerika saat itu, pesawat supersonic F-104 Starfighter dan F-5 Tiger. Sementara Belanda masih mengandalkan pesawat-pesawat peninggalan Perang Dunia II seperti P-51 Mustang.

Sebagai catatan, kedahsyatan pesawat-pesawat MiG-21 dan MiG-17 di Perang Vietnam sampai mendorong Amerika mendirikan United States Navy Strike Fighter Tactics Instructor, pusat latihan pilot-pilot terbaik yang dikenal dengan nama TOP GUN.

Indonesia juga memiliki armada 26 pembom jarak jauh strategis Tu-16 Tupolev (Badger A dan B). Ini membuat Indonesia menjadi salahsatu dari hanya 4 bangsa di dunia yang mempunyai pembom strategis, yaitu Amerika, Rusia, dan Inggris. Pangkalannya terletak di Lapangan Udara Iswahyudi, Surabaya.

Bahkan China dan Australia pun belum memiliki pesawat pembom strategis seperti ini. Pembom ini juga dilengkapi berbagai peralatan elektronik canggih dan rudal khusus anti kapal perang AS-1 Kennel, yang daya ledaknya bisa dengan mudah menenggelamkan kapal-kapal tempur Barat.

Indonesia juga memiliki 12 kapal selam kelas Whiskey, puluhan kapal tempur kelas Corvette, 9 helikopter terbesar di dunia MI-6, 41 helikopter MI-4, berbagai pesawat pengangkut termasuk pesawat pengangkut berat Antonov An-12B. Total, Indonesia mempunyai 104 unit kapal tempur. Belum lagi ribuan senapan serbu terbaik saat itu dan masih menjadi legendaris sampai saat ini, AK-47.

Ini semua membuat Indonesia menjadi salasahtu kekuatan militer laut dan udara terkuat di dunia. Begitu hebat efeknya, sehingga Amerika di bawah pimpinan John F. Kennedy memaksa Belanda untuk segera keluar dari Papua, dan menyatakan dalam forum PBB bahwa peralihan kekuasaan di Papua, dari Belanda ke Indonesia adalah sesuatu yang bisa diterima.


Artikel diatas menone copas dari sini dengan penambahan beberapa image yang menone comot dari Om Google

Iklan

, , , , , , , ,

  1. #1 by Pelangi Holiday on Mei 22, 2011 - 11:05 am

    Mas menon, salam sukses artikelnya patut di jempolin tu..mengingatkan sejarah lama…kali ini mampir dengan sebuah jejak…hehhehhe

    • #2 by MENONE on Mei 22, 2011 - 1:38 pm

      iya sob mengingatkan kita semua akan kejayaan bangsa kita……..

    • #3 by alfabesmart: Sejarah Indonesia on Juli 24, 2014 - 5:54 am

      Semoga tidak hanya sekedar nostalgia.. tapi menjadi pelajaran yang berharga bagi bangsa ini. Bagaimana sukarno menggelorakan Trikora, terlihat AS ingin hegemoni kekayaan papua atas emasnya, seperti di Timur Tengah atas Minyaknya. Dan tampak kepentingan itu masih terus berlangsung

    • #4 by recommender on Agustus 31, 2015 - 11:28 am

      Mengenal lebih dalam tentang NKRI – selengkapnya >> SEJARAH DAN ASAL USUL NAMA INDONESIA

    • #5 by Anonim on Juni 14, 2016 - 9:44 am

      Aslamu alaikum wr wb..
      bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
      dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini, saya seorang pns yang dinas di kantor daerah,
      sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
      dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
      namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
      hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
      akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta , saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
      dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
      dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan K.H. TAMBRIN ABDULLAH hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
      dan melihat langsung hasilnya.
      saya akhirnya bergabung dan menghubungi K.H. TAMBRIN ABDULLAH di no 0853 9774 5894
      semua petunjuk K.H. TAMBRIN ABDULLAH saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
      alhamdulilah demi allah dan anak saya,
      akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
      semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
      kini saya kembali sukses terimaksih K.H. TAMBRIN ABDULLAH saya tidak akan melupakan jasa aki.
      jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
      saya sudah buktikan kebenaran dan keasliannya, silahkan hub K.H. TAMBRIN ABDULLAH di no 0853 9774 5894 kunjungi web resmi di http://pesugihanuang.xtgem.com/

  2. #6 by kang ian dot com on Mei 22, 2011 - 11:44 am

    beuh manteb banget tu..bravo indonesiaa..

    • #7 by MENONE on Mei 22, 2011 - 1:38 pm

      jaya selalu……………….cayooooo

  3. #8 by Mabruri Sirampog on Mei 22, 2011 - 12:16 pm

    kalau saja sekarang semangatnya masih sama2 kaya yang itu,, dah pasti Indonesia menjadi negara yang ditakuti di dunia ini…

    Hidup Indonesia

    • #9 by MENONE on Mei 22, 2011 - 1:39 pm

      dan ga dilecehkan………………………………….

  4. #10 by alisalv on Mei 22, 2011 - 6:13 pm

    pengen nangis saat mbaca semuanya
    semangat kita nurun drastis sejak orde baru, dan sempat bangkit saat reformasi, tapi menurun lagi secara perlahan, tak tahu sampai kapan kita berada di titik pesimis yang parah πŸ˜₯

    • #11 by menone on Mei 24, 2011 - 9:28 pm

      tergantung ma orang2 yg mengatasnamakan wakil rakyat…..

    • #12 by sucahyo widoo on Januari 22, 2014 - 4:22 pm

      saya yakin banyak sekali orang yang menangis melihat Indonesia tumpah darah yang kita cintai menjadi seperti ini, kita sering di ‘lecehkan’ oleh negara lain, karena mereka melihat negeri kita jadi carut marut, semua seperti merasa yang paling bener, yang pinter, yang paling bagus, dan celakanya kalau kita lihat mereka yang merasa menjadi elit pemikir atau yang ‘bangga’ dengan gelar master dari luar, ternyata cuma pinter membohongi dirinya sendiri, lebih celaka lagi membohongi negeri sendiri untuk ‘kemakmuran’ sendiri, padahal mereka tahu jalan yang benar, tapi mereka tidak perduli, “mereka tidak percaya Allah swt, yang senantiasa mengawasi apa yang kita kerjakan”.
      Kisanak, marilah kita nyenyuwun kepada Allah swt, semoga segera menyadarkan seluruh rakyat Indonesia untuk kembali kepada dasar-dasar negara kita yang telah dipersembahkan oleh para pejuang dan pendiri bangsa kita – PANCASILAKisanak, marilah kita nyenyuwun kepada Allah swt, semoga segera menyadarkan seluruh rakyat Indonesia untuk kembali kepada dasar-dasar negara kita yang telah dipersembahkan oleh para pejuang dan pendiri bangsa kita – PANCASILAKisanak, marilah kita nyenyuwun kepada Allah swt, semoga segera menyadarkan seluruh rakyat Indonesia untuk kembali kepada dasar-dasar negara kita yang telah dipersembahkan oleh para pejuang dan pendiri bangsa kita – PANCASILAKisanak, marilah kita nyenyuwun kepada Allah swt, semoga segera menyadarkan seluruh rakyat Indonesia untuk kembali kepada dasar-dasar negara kita yang telah dipersembahkan oleh para pejuang dan pendiri bangsa kita – PANCASILA –

  5. #13 by Marchei Riendra on Mei 22, 2011 - 7:41 pm

    Indonesia harus bisa lebih maju. Sedih baca di koran, Indonesia makin terpuruk.. Ayo Pemuda Indonesia BANGKIT SEMANGAT BIKIN PERUBAHAN YANG LEBIH BAIK.

    • #14 by menone on Mei 24, 2011 - 9:33 pm

      selain pemuda juga haiiiii bapak wakil rakyaaaaaaaaaaaaaatttt…………

    • #15 by Anonim on Mei 9, 2014 - 7:21 am

      Sadarlah para penguasa kt,negri kita makmur,mari kita mngisi kmerdekaan kt brsama demi kejayaan bangsa

    • #16 by edi syahputra on September 30, 2014 - 12:40 am

      Indonesia skarang penjajah nya ya org kita sendiri dimana” korupsi .masyarakat bawah hanya bisa melihat org” pejabat bersandiwara

  6. #17 by Triiz on Mei 22, 2011 - 9:37 pm

    moga di jaman yg makin aneh ini kita bisa dapetin pemimpin yg mnjadi teladan

    • #18 by menone on Mei 24, 2011 - 9:35 pm

      amin3x….itulah yang kita harapkan sekarang sobat

  7. #19 by Kakaakin on Mei 23, 2011 - 6:54 am

    Semoga Indonesia tak cuma punya kebanggaan masa lalu yang hanya tinggal sejarah ya…
    Bangkit Indonesiaku!

    • #20 by menone on Mei 24, 2011 - 9:36 pm

      iya sb, semoga banyak yg baca artikel nich dan termotifasi buat bangkit kembali….

  8. #21 by Kirana on Mei 23, 2011 - 11:08 am

    Indonesia di masa lalu ternyata hebat ya, sayang Indonesia sekarang memble banget malah banyak utang.. jadi curiga Bung Karno dijatuhin sama amerika

    • #22 by menone on Mei 24, 2011 - 9:38 pm

      naaaaaaaaaaahhhhh……… orde baru yg bikin kayak gini, ninggalin warisan hutang

    • #23 by Anonim on Mei 24, 2014 - 9:23 am

      Bankit apanya banyak pejabat korupsi

  9. #24 by bundamahes on Mei 23, 2011 - 3:11 pm

    hmmm…kesimpulannya sekarang Indonesia masih garang gak?! 😦

    • #25 by menone on Mei 24, 2011 - 9:39 pm

      klo rakyat indonesia menone yakin masih garang sobat…………………

    • #26 by Anonim on Juni 17, 2014 - 6:42 am

      Ngak ada lgi darah indonesia tercinta ini, garang indinesia cma korupssi

  10. #27 by loewyi on Mei 23, 2011 - 4:00 pm

    tapi menurutku itu dulu…. tapi sekarang patut dipertanyakan lagi tuch….
    hehehehe……

    • #28 by menone on Mei 24, 2011 - 9:41 pm

      kita harus memulai lagi sobat……………

  11. #29 by iam on Mei 23, 2011 - 7:33 pm

    Begitulah bung karno, sangat berani melawan Amerika dan Belanda, andai saja sekarang masih -__-

    • #30 by menone on Mei 24, 2011 - 9:42 pm

      waaahhhh klo sekarang masih kayak dl, ga ada yang bakal macem2 bozz

    • #31 by arya on Agustus 15, 2014 - 12:16 am

      Semoga pemimpin yg akan datang bisa lbih mngerti

  12. #32 by SHUDAI AJLANI (dot) COM on Mei 24, 2011 - 1:41 am

    saya juga bergetar sob baca tulisan mu yg menggetarkan ini B)

    • #33 by menone on Mei 24, 2011 - 9:44 pm

      kita harus beri semangat buat semuanya sobat, biar mereka tidak lupa dengan sejarahnya yang membanggakan

  13. #34 by Hariyanti Sukma on Mei 24, 2011 - 9:04 am

    berharap Indonesia menjadi tempat yg aman dan nyaman utk rakyatnya…

    • #35 by menone on Mei 24, 2011 - 9:56 pm

      mbener bgt sob, menjadi pengayom buat rakyat dan ga ngabisin uang pajak rakyat

  14. #36 by Agung Rangga on Mei 24, 2011 - 10:02 am

    wow…
    Kapal perangnya keren… 😯
    Masih digunakan gak ya… :mrgreen:

    • #37 by menone on Mei 24, 2011 - 9:56 pm

      hmmmmm….. ga ngerti klo itu sob hehehehehehehehehehe

    • #38 by arya on Agustus 15, 2014 - 12:18 am

      Kayak nya masih

  15. #39 by maminx on Mei 24, 2011 - 1:03 pm

    wah keren banget ya sejarah kekuatan indonesia dulu. orang2nya masih pada solid juga sih ya. sekarang mah udah makin ketinggalan ya..

    semangat πŸ™‚

    • #40 by menone on Mei 24, 2011 - 9:58 pm

      semua gara2 kebanyakan dikorupsi………………

    • #41 by deni on Maret 19, 2014 - 1:58 pm

      saya suka,saya suka…

  16. #42 by sedjatee on Mei 24, 2011 - 5:22 pm

    setuju banget
    rasanya di jaman Bung karno itu saja kita dihormati bangsa lain
    hidup indonesia…

    sedj

    • #43 by menone on Mei 24, 2011 - 9:58 pm

      semangaaaaaaaattt….. kita bangkitkan lagi kekuatan bangsa ini

  17. #44 by 2fiq on Mei 24, 2011 - 9:09 pm

    Indonesia benar benar membutuhkan pemimpin yang bisa bertanggung jawab atas bangsanya

    • #45 by menone on Mei 24, 2011 - 9:59 pm

      mbener bgt sobat…………….

  18. #46 by Β€ HILAL ALIFI on Mei 24, 2011 - 10:44 pm

    itu zaman soekarno.
    zaman orde baru,
    kekuatan utama cuma ada di TNI AD.
    sementara AL dan AU dianak-tirikan.
    hasilnya ya sekarang,
    kapal2 banyak berjatuhan,
    pulau2 banyak ndak keurus
    :p

    • #47 by menone on Mei 25, 2011 - 5:04 pm

      iya sob mbener juga kata sobat……… semua nich kayaknya gara2 orde bar* yg hancurin negara kita

  19. #48 by NardaKismoVIII on Mei 25, 2011 - 9:29 pm

    kunjungan balik dari saya,,
    wiw , ternyata indonesia tangguh juga ya.. hehe baru tau.. πŸ˜€

    • #49 by menone on Mei 26, 2011 - 6:19 am

      jadi tahu kan sekarang hehehehehehhe…….

  20. #50 by exobonk on Mei 25, 2011 - 9:35 pm

    wew, waktu itu kita di pimpim oleh salah satu orang yang berpengaruh di dunia dan juga bekerja sama dengan soviet !!
    terus sekarang kita harus bekerja sama siapa ??

    • #51 by menone on Mei 26, 2011 - 6:21 am

      klo sekarang cm jadi kuli negara lain hahahhahahahahahaha………………..

  21. #52 by Rizki on Mei 26, 2011 - 3:05 pm

    Indonesia mempunyai kekuatan yg sngt bsar diantara negara2 hebat di dunia, namun Indonesia masih ada kekurangannya, masyarakatnya kuran menanamkan rasa nasionalisme.hehe

    Sobat,tukeran Link yuk???
    Link Blog sobat sudah duduk dngn santai di blogku,
    Ditunggu ya konfirmasi balasannya
    salam kenal πŸ˜€
    Terimakasih

    • #53 by MENONE on Mei 27, 2011 - 6:31 am

      okey sobat, segera menone pasang juga link sobat…..

  22. #54 by Sya on Mei 26, 2011 - 3:32 pm

    Kalau sekarang Indonesia bisa dibilang jaya ga ya? πŸ™„

    • #55 by menone on Mei 27, 2011 - 6:33 am

      insya Allah sekarang bangsa ini mulai merangkak naik kembali……………

  23. #56 by fierdanz on Mei 27, 2011 - 9:18 am

    Siiipp…………Mantab…..bro……artikelnya

    Jaya Indonesia-ku…

    Wisdom, Justice and Love…

    • #57 by menone on Mei 28, 2011 - 1:41 pm

      selalu semangat buat membangun bangsa ini……………

  24. #58 by Dias on Mei 27, 2011 - 2:42 pm

    Ayo Indonesia !!!! Belajar dari masa lalu . . . . . . .

    Mantabbb infonya.
    Salam . . . . .

    • #59 by menone on Mei 28, 2011 - 1:44 pm

      kita bangkitkan semangat yg dulu pernah ada…………………..cayoooooooo

  25. #60 by xxrhmtzxx30 on Mei 28, 2011 - 9:07 am

    Itu doloe

    • #61 by menone on Mei 28, 2011 - 1:51 pm

      iya, namun sesuatu ga ada kata terlambat buat memperbaikinya……………..

    • #62 by Anonim on Juni 16, 2014 - 1:06 pm

      Kita hrus bangkitkan semangat yg dlu pernah ada,betul.tp itu kan dulu,skrang mha yg ada cuma semangat untuk korupsi…..hehehe

  26. #63 by johanesbosco on Juni 7, 2011 - 11:06 am

    mantap artikelnya, semoga indonesia bisa mengembalikan kejayaan masa lalu

    kunjungi blog gw
    http://n0hoax.wordpress.com

    thx

    • #64 by menone on Juni 7, 2011 - 2:22 pm

      amin semoga begitu sobat…………

  27. #65 by Anonim on November 1, 2011 - 10:58 pm

    Gemetar hati saya membacanya!
    Semoga pemimpin era baru Indonesia. Ada lagi yg seperti Bung Karno.

  28. #66 by Batara R. Hutagalung on Juli 18, 2012 - 2:08 pm

    Tulisan yang sangat bagus, namun perlu sedikit catatan. Memang angkatan perang RI pada waktu itu boleh dikatakan yang terkuat di Asia Tenggara, dan salah satu yang terkuat di Asia Timur, namun agak berlebihan apabila dikatakan terkuat di dunia.
    Sehubungan dengan Belanda, perlu diketahui, bahwa hingga kini pemerintah Belanda tetap TIDAK MAU MENGAKUI DE JURE KEMERDEKAAN RI 17.8.1945.
    Lihat Petisi-online:
    http://www.petitiononline.com/brh41244/petition.html
    Kumpulan tulisan saya dapat dibaca di:
    http://batarahutagalung.blogspot.com,
    http://indonesiadutch.blogspot.com,
    http://10november 1945.blogspot.com,
    Salam,
    Batara R. Hutagalung

  29. #67 by abdul lah on September 25, 2012 - 2:20 am

    lucu ya? dngn kekuatan seperti ini kalau thn 1963 indonesia tdk dapat menakluk kan malaysia yg sdh trng2 menghina indonesia.wajar kalau sampai sekarang malaysia sering meleceh kan indonesia.

    • #68 by ryan on Desember 9, 2012 - 4:32 pm

      indonesia gk level lawan malingsia coz indonesia masih kasian liat malingsia,,,

  30. #69 by ryan on Desember 9, 2012 - 4:29 pm

    DULU AJA gitu apalagi skarang cma wakil rakyatama pemimpinxaj yg gooblook

  31. #70 by Anonim on Juni 13, 2013 - 3:50 pm

    Sebener nya indonesia tu mampu kalakan malasiya yg sombong tpi kenapa indonesia kaya takut banget ,, kalo masi jamanya pak harto , dan panglima nya jendral tri sutrisno , udah habis malasiya

    • #71 by Irwansyah on Desember 2, 2015 - 9:30 am

      Indonesia negeri yang miskin..mana bisa dpt kalahkan malaysia..indonesia negeri yang kotor..humm

  32. #72 by Anonim on Agustus 1, 2013 - 10:36 pm

    Aku mencintai indonesia

  33. #73 by Muhammad ichsan on Agustus 20, 2013 - 8:56 am

    Widih mantep bgt coy

  34. #74 by Anonim on Oktober 23, 2013 - 6:02 pm

    Saya Berharap Semoga Indonesia Kedepanya Lebih Baik…& Hukum Di Negeri Ini Lebih Tegas Lagi & Jangan Sampai Lemah Seperti Pemimpinya…..!!!

  35. #75 by Wido on November 20, 2013 - 10:09 pm

    Terharu jika mengingat perjuangan dr para pejuang terdahulu…
    tap sekarang sangat ironis dgn para pejuang korupsi…sangat menyedihkan

  36. #76 by Anonim on November 22, 2013 - 9:35 pm

    indonesia adalah salah 1 negara nomor 1 yang mempunyai kata2 terhebat
    tpi hasilnya tidak dapat di raba, karena mempunyai pemimpin yang bodoh

  37. #77 by Anonim on November 25, 2013 - 11:49 pm

    sejarah kita tidak bisa mengikuti jaman,dikarenakan terinjak para korup

  38. #78 by Anonim on November 26, 2013 - 8:24 pm

    Dari pemikiran siapakah yang akan memimpin indonesia agar bisa jaya seperti yang Rakyat harapkan…Dan knapa indonesia pada saat ini hanya menjayakan para KORUPTOR..

  39. #79 by Renato vito usamah on Desember 2, 2013 - 6:06 pm

    ternyata negeri yg kita cintai ini pernah menjadi legendaris.:-)

  40. #80 by Anonim on Desember 2, 2013 - 6:14 pm

    gimana indonesia mau maju,pejabat negaranya aja banyak yg korupsi

  41. #81 by Anonim on Desember 6, 2013 - 8:10 pm

    mantap bangeeet cerita nya

  42. #82 by Bima on Desember 18, 2013 - 5:12 pm

    Wow berarti ya men ya klau pas jaman soekarno seluruh dunia bisa di taklukan seluruh dunia hanya dalam waktu kurang dari sebulan indonesia bisa jaya hanya dalam sekejap mata dan thanks ya sob atas infonya semoga bermanfaat untuk kita semua thanks banget ya sob

  43. #83 by sufyan on Desember 27, 2013 - 4:30 pm

    wow berarti indonesia dulu waktu jaman pak karno termasuk negara terkuat ke4ya ini lah tanah air jaman dulu lebih bagus dari yg sekarang

    • #84 by Reno on Februari 3, 2014 - 1:15 pm

      Trnyata banxk nenek dan kakek z manangis melhat indonesia yg smkin menurun,dan injak2 harga drinya,kta nenek z bentuklah kembli orde lama,agar para kurupsi tkut dgn kelakuanx.thank,s slm kenal yc sob…

  44. #85 by edoy on Januari 1, 2014 - 5:27 pm

    bangsa indonesia keren bozz

  45. #86 by Anonim on Januari 3, 2014 - 12:13 am

    zzzzooooooossss

  46. #87 by Anonim on Januari 5, 2014 - 6:10 pm

    “saudaraku sebangsa dan setanah air marilah kita bersama-sama berdoa untuk segera munculnya sosok pemimpin tegas jujur dan adil yang akan memimpin negara kita ini menuju keajayaan yang sama kita dambakan .”saudaraku sebangsa dan setanah air marilah kita bersama-sama berdoa untuk segera munculnya sosok pemimpin tegas jujur dan adil yang akan memimpin negara kita ini menuju keajayaan yang sama kita dambakan .”saudaraku sebangsa dan setanah air marilah kita bersama-sama berdoa untuk segera munculnya sosok pemimpin tegas jujur dan adil yang akan memimpin negara kita ini menuju keajayaan yang sama kita dambakan .”saudaraku sebangsa dan setanah air marilah kita bersama-sama berdoa untuk segera munculnya sosok pemimpin tegas jujur dan adil yang akan memimpin negara kita ini menuju keajayaan yang sama kita dambakan ….”

  47. #88 by Paket Wisata Pulau Tidung on Januari 16, 2014 - 10:02 pm

    Ayo, majulah Indonesiaku.

  48. #89 by Reno on Februari 3, 2014 - 1:28 pm

    Nenek z yg umurx sudah lbih seratus tahun,dia ingin agar belanda menjajah kembli indonesia,agar para pejabt yg ska mengambil hak rakyat,bsa tertumpah dgn tembkan penjajah blanda.krn KkN.Tdk bsa dihentikan smpai dunia brakhir dn trtutp rpat antra langit dan bumi.?

  49. #90 by Anonim on Februari 18, 2014 - 11:40 pm

    Ya alloh aku nggak bisa katakan apa2 setelah membaca kartikel ini tidak terasa tiba2 air mataku jatuh. Indonesiaku sangat harum. Nggak ada negara yg kuat. Nggak ada negara yg hebat. Tergantung pemimpin nya. Mudah2han muncul bung karno yg kedua yg bisa membangun negeri tercinta ini dari tidur nya amin yarobbal alamin…!

  50. #91 by cipung87 on Maret 11, 2014 - 6:48 pm

    Mantab gan sejarah negara kita. Mari kita tumbuhkan rasa nasionalisme yang begitu membara. Dan salut buat RUSIA (uni soviet) dari dulu selalu ada buat -Indonesia, membantu tanpa pamrih.

  51. #92 by asep upluk on Maret 26, 2014 - 5:24 pm

    coba klu persiden kita kaya pakarno/ bakalan d seganin d belahan dunia

  52. #93 by johannes horeb on April 4, 2014 - 12:16 am

    Setelah 2014 ini..saya yakin nkri akan menjadi macan dunia

  53. #94 by ahmad rival on April 4, 2014 - 7:52 pm

    ╔══╦═╦═╦══╦═╦═╦╦╦╗
    β•‘β•‘β•‘β•‘β•‘β•‘β•‘β• β•—β•”β•£β•‘β•‘β•‘β•‘β•‘β•‘β•‘
    ║║║║╦║║║║║║╦║╔╬╬╬╣
    β•šβ•©β•©β•©β•©β•©β•©β•β•šβ•β•šβ•©β•©β•β•šβ•©β•©β• bener … Baru tau ..!! Tapi kenapa sekarang ξš•β€Žβ€‹β€Žβ€‹GΜ…Μ²ΜΆΓ£KΜ…Μ²ξš• bisa kaya gitu …indonesa ini luas indonesa ini kaya. , kenapa ξš•β€Žβ€‹β€Žβ€‹GΜ…Μ²ΜΆΓ£KΜ…Μ²ξš• bisa mimpin dunia …!!

  54. #95 by alias on April 6, 2014 - 9:17 pm

    Senarnya indonesia mampu dan sanggup menjadi bangsa yang berdaulat adil dan makmur dengan itu hilang bahkan mungkin ingin di musnahkan oleh segelincir sekumpulan organisasi yang mengatasnamakan dan mengikatkan rasa nasionalisme .
    Bangsa yang kuat di mata dunia yaitu:
    Pengguni bangsa atau rakyat Mau menteladani sejarah dan nilai sejarah bangsa itu sendiri.
    Penduduk bangsa itu menerapkan dan menanamkan rasa ke intiman rasa berjiwa muda militan dan solidaritan .
    Banyak sekali di antara nya
    orang atau perseorangan perpendidikan cerdas yang mumpang enak dan mengeruk keuntungan dari hasil dan nilai kekayaaan sumberdaya bangsa ini akantetapi tidak ingan dan lupa daratan dia tinggal di mana dia hidup di mana dan dia besar di mana dan lebih mendoktrimkan dirinya untuk bangsa lain.

  55. #96 by Anonim on April 15, 2014 - 10:41 pm

    Terimakasih pambuat artikel ini karna mengingatkan masa kejaya’n indonesia

  56. #97 by aldaniar on April 20, 2014 - 11:05 pm

    kalian masih ingat G 30 S / PKI ?

  57. #98 by Anonim on April 22, 2014 - 6:27 pm

    cuma bilang WOW

  58. #99 by Anonim on Mei 3, 2014 - 5:50 pm

    aku senang dngan kbranianya BUNG KARNO pntang menyerah membelah indonesia.

  59. #100 by Anonim on Mei 5, 2014 - 5:05 pm

    YANG LAIN RIBUT DE SAMA GUA INI YANG MENGIRIM ADALAH BUNG KARNO

  60. #101 by rolan on Mei 5, 2014 - 9:16 pm

    Korupsi yang menghancurkan indonesia..para koruptor harusnya di miskin kan

    • #102 by Anonim on Juni 16, 2014 - 1:21 pm

      Saya setuju dgn pndapatmu.para koruptor hrus d miskin kan.krna indonesia tdk maju krna bnyaknya koruptor,kpan negara kita maju klo bnyak korupsi bgtu.dasar pemerintah muka duitan,,,

  61. #103 by Reza rozaqul akbar on Mei 12, 2014 - 1:14 pm

    Saya rasa indonesia memang seperti itu dan mari kita bangkitkan lagi perjuangan indonesia ayo kita hilangkan kenakalan remaja tingkat rendah sampai tingkat besar.ayo indonesia terus berjuang ya, indonesia bisa oke

  62. #104 by Anonim on Mei 19, 2014 - 7:37 am

    perjuangkan kmrdekaan jgn d abaikn negara kita pnuh pejuang yg hbat
    2 jmpol bwt artikel.y & manone

  63. #105 by Anonim on Mei 24, 2014 - 9:26 am

    Bankit apanya banyak pejabat korupsi

  64. #106 by Anonim on Juni 1, 2014 - 3:53 pm

    Tanpa bantuan uni sovyet …….ya gk ada ap2nya.
    Coba sekarang indonesia brsekutu dngn sovyet lg…,,,,,pst hebat lah

  65. #107 by Anonim on Juni 9, 2014 - 3:08 pm

    ya allah hamba ingin para korup yg sdh ketaun dan korup yg bln ktaun segera cabut lah nyawanya,hamba rela nyawa hambah di cabut asal kan indonesia seperti dulu lagi :/

  66. #108 by Awaluddin Goinvestsabang on Juni 28, 2014 - 1:31 am

    indonesia tidak akan maju apabila kita saling salah menyalahkan….titik…semua berawal dari rakyat yg egois dan ingin memuaskan nafsunya tanppa memikirkan nasib bangsa…….seharusnya anda ingat ..orde baru dan orde lama punya era kejayaan masing masing dan berakhir dengan kekelaman masing masing…seharusnya anda anda harus belajar semua negara seperti itu ada kekurangan dan ada kelebihan …CONTOHLA JERMAN MEREKA PUNYA MASA KELAM DI MASA HITLER BERKUASA…MEREKA TAPI TETAP RESPEK SAMA MASA LALU MEREKA WALAU HITLER BEGITU KEJAM…….MEREKA RESPEK DAN HORMAT SAMPAI SEKARANG…..JADI HORMATI YG TELAH KITA CAPAI……….DAN BELAJARLAH DARI ORANG HEBAT HEBAT KITA….SOKEARNO …SOEHARTO…HABIBII…SBY………..

    • #109 by Anonim on Juli 3, 2014 - 8:07 am

      Ayo mampir neng iswahyudi,magetan

  67. #110 by Lando slitonga on Agustus 1, 2014 - 9:18 pm

    bangsa indonesia menang dalam perang kalah dalam kejujuran

  68. #111 by Anonim on Agustus 9, 2014 - 2:49 pm

    Hbat ah indonesia..
    Tp saYang ya indonesia skarang ini…
    Sedih x

    • #112 by irwandhy ardiansyah on Agustus 9, 2014 - 9:01 pm

      andai soekarno trlhr kmbli ku ingn memilh dia jd presiden kmbli

  69. #113 by arif on Agustus 12, 2014 - 1:36 pm

    indonesia sekarang tidak akan pernah maju seperti sediakala karena pemerintah dan atasan tidak lagi memiliki orang2 kritis dan jenius akan kepemerintahannya ,dan sangatlah banyak kita melihat orang yang bekerja atas pemerintahan maupun lain yang tidak sesuai akan skill dan kemampuannya dan hanya mengharapkan uang semata dan tidak mempedulikan rakyatnya.
    dan seharusnya orang2 jenius,pintar mempunyai skill yang handal ,aturannya di pekerjakan akan kepemerintahan indonesia agar indonesia akan bangkit dan bersemangat

  70. #114 by yuna on Agustus 13, 2014 - 10:38 am

    Indonesia satu ..tanah airku…Jaya selalu untuk Indonesiaku …

    salam perdana…ditunggu kunjungan baliknya

  71. #115 by gustandi si raja tempur on Agustus 18, 2014 - 9:24 pm

    bunuh k0rupt0r ….bunuh

  72. #116 by lina lintuh on September 11, 2014 - 2:45 am

    baca juga yang lainnya diblog Penivagi makasih kak ^_^ lina tunggu kedatangannya.

  73. #117 by Anonim on Oktober 9, 2014 - 4:17 pm

    Ya Allah………. tolong musnahkan orang” yg mmakan uang rakyat siapapun dia….heheh

  74. #118 by arifin on November 27, 2014 - 12:29 pm

    http://aripingts.blogdetik.com/
    KAMI GN EXHIBITION YANG BERGERAK DIBIDANG JASA PEMBUATAN DAN PENJUALAN PARTISI PAMERAN, STAND, BOOTH,PANGGUNG, PERLENGKAPAN PAMERAN UNTUK BERBAGAI ACARA (PAMERAN, LAUNCHING, SEMINAR, EXHIBITON,
    DLL) OFFICE:JL.Bolevard Raya Ruko Star of Asia no 99 Lippo Karawaci Tangerang, Indonesia
    15811 TLP: 085966101778 / 085217946493

  75. #119 by ilmu kita raih,bisa (y) on November 28, 2014 - 5:37 pm

    Reblogged this on ilmuke hidupan kita.

  76. #120 by GrosiranAmbilagi on Desember 17, 2014 - 8:35 am

    sangan bagus artikelnya… menambah pengetahuan πŸ˜€

  77. #121 by Anonim on Januari 6, 2015 - 3:04 am

    mari kita edo tensei bung karno πŸ™‚

  78. #122 by kontraktor stand on Januari 8, 2015 - 10:28 pm

    jasa pembuatan booth pameran, event production/ decoration,
    stage backdrop, booth mall to mall /knockdown, display produk , interior display,
    dll.

  79. #123 by Arjun on Januari 21, 2015 - 2:43 pm

    indonesia adalah bangsa yang sangat kaya, baik, SDA maupu SDM dan SDM inilah yang hrus diperbaiki untuk meningkatkan pengetahuan kita supaya negara2 lain tidak memandang enteng kita dan para penjajah yang ada yang menggelola SDA kita harus Dikeluarkan Dari negara kita, karena kita juga mampu menggelolanya,, tnggl bgaimana pemerintah kita menjalankan dngan baik…

  80. #124 by https://belanjaluarnegeri.wordpress.com on Februari 24, 2015 - 2:34 am

    This actually may be the hardest to proactively reduce the chances of.
    and telling them that has shipped and giving them an estimate on when the package should arrive.
    As you must write descriptions and emails, you may get bored on which you’ve always written.

  81. #125 by reggae on Maret 13, 2015 - 6:59 pm

    Hi there to all, the contents present at this website are in fact awesome
    for people experience, well, keep up the good work fellows.

  82. #126 by zerotinprayoga on April 11, 2015 - 11:56 pm

    Indonesia sangat hebat..
    tp kenapa sekarang malah terlemah…
    Indonesia bukan yg dulu lagi…
    Korupsi.narkoba.kriminal. berlahan lahan menghancurkan nkri..

    artikel yg goood . gan..
    salam kenal

  83. #127 by Anonim on Agustus 18, 2015 - 8:37 am

    Luar biasa

  84. #128 by fadhil on September 16, 2015 - 10:23 pm

    ya allah semoga di masa depan nanti INDONESIA mempunyai pemuda pemuda yang bisa mengharum kan nama indonesia…..amin…..

  85. #129 by Anonim on September 16, 2015 - 10:25 pm

    ya Allah semoga di masa depan nanti INDONESIA mempunyai pemuda pemuda yang bisa mengharumkan nama baik INDONESIA…..amin…

    • #130 by gembel elite on September 26, 2015 - 10:27 am

      smoga koruptor penghianat Negri, segera d tumpas , uang nya d ambil untuk bangun kekutan negri

  86. #131 by Anonim on November 20, 2015 - 7:32 pm

    Indonesia skarang kacau.

    Beda sama yg dulu

    • #132 by Gabrielle on Desember 3, 2015 - 1:41 am

      Ingat kata Bung Karno.. “JANGAN SEKALI-SEKALI MENINGGALKAN SEJARAH….!!!!”

      Inilah Negeri yang “KUWALAT…”

      Banyak Sejarah Perjuangan Negeri ini yang ditutupi, dikubur, dan dilupakan selama ORBA..
      Bahkan di era Reformasi pun tidak ada pemimpin yang membangkitkan negeri ini..
      Dan sekarang masih banyak pemimpin di negeri ini bangga dengan menjadi Antek2 dan Budak Neo Kolonialisme Modern..
      Menjajah Bangsa Sendiri…

      Dulu…
      17 tahun setelah Proklamasi Kemerdekaan.. Dari Bangsa yang hanya pakai bambu runcing.. menjadi bangsa yang Besar di Asia..
      bahkan Amerika dan Sekutunya pun Takut..

      Sekarang…
      17 tahun setelah Orba tumbang.. negeri ini terpuruk dari krisis moneter…
      Hutang Negara dibesarin.. Korupsi dimana-mana.. Waki Rakyat lupa sama rakyatnya..

      Pokoknya PARAHHH….!!!!!!

  87. #133 by faifaihyuu on Desember 9, 2015 - 4:32 pm

    Indonesia Kerennn!!!!!!

    • #134 by Anonim on Desember 12, 2015 - 8:15 pm

      Indonesia trllu bnyak korupsi. Sampai2 alat tempur peninggalan jaman purba. Hahaha….

  88. #135 by Raihan fani al Rafi on Januari 13, 2016 - 10:06 pm

    Indonesia memang hebat. πŸ˜€

  89. #136 by Anonim on Januari 17, 2016 - 12:20 pm

    izin copas sob buat bagi-bagi informasi

  90. #137 by indra on Januari 22, 2016 - 12:32 pm

    bangsa yg besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya

  91. #138 by Nadya Mirya on Januari 24, 2016 - 8:23 pm

    Ceritanya menarik perhatian orang banyak

  92. #139 by Galuh on Januari 24, 2016 - 8:39 pm

    Bagaimana agar blog baru bisa terlihat di google

  93. #140 by tehgelasseger96 on Februari 5, 2016 - 4:11 pm

    Terus juang ulah hayang di jajah dei

  94. #141 by Anonim on Februari 8, 2016 - 2:32 am

    sebagai penerus bangsa para pelajar mahasiswa.belajarlah di sjarah pejuaangan pak presiden sukarno .dialah satu2xa presidrn yg berjasa menjadi nrgara indonesia hebat.

  95. #142 by Anonim on Februari 12, 2016 - 12:09 pm

    i love i.n.d.o.n.e.s.i.a

  96. #143 by Anonim on Maret 25, 2016 - 11:57 pm

    Jaya selalu Indonesia

  97. #144 by Anonim on Maret 31, 2016 - 1:51 pm

    Indonesia akan selalu seperti ini kalau wakilrakyat nya cuma mementingkan perut sendiri… gak akan pernah bisa maju kalau di atas nya cuma bisa nya korupsi

  98. #145 by merlynstefany on Mei 18, 2016 - 1:34 am

    Bagus sekali isinya … Sangat membantu saya ,makasih ya

  99. #146 by Anonim on Mei 25, 2016 - 4:38 pm

    indonesia ku..

  100. #147 by Anonim on Mei 26, 2016 - 9:32 pm

    andai semua orang berfikiran sama.. πŸ™‚

  101. #148 by iwan r on Juni 11, 2016 - 10:53 am

    pemerintaahan yang sukses pada saat di pimpin.bung karno dan bung hata.pada saat itu rakyat hidup sejahtera percaya diri rasa keberasamaan dan gotong royong di setiap daerah sangat terasa.saling menghargai danmenghormati dan bahkan kita di segani dan di takuti oleh negara lain.tidak usah bicara kepemerintahan saat ini kita sudah sama sama tau yg terpenting adalah mari kita jaga diri kita keluarga kita untuk lebih baik dan bermanfaat buat dunia dan akhera..terkusus indonesia negara yang kita cintai wajib kita jaga..

  102. #149 by heru on Juli 7, 2016 - 4:24 pm

    maju terus bangsa indonesia,,jadi lah negara terkuat di dunia,,,

  1. Sejarah indonesia | SDN 2 CANGKOAK the best
  2. Sejarah (Kekuatan Indonesia Yang Menggetarkan Dunia) | yanti19
  3. Umroh Bandung
  4. wisata indonesia dimata dunia | Info Wisata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: