Pendakian Gunung Panderman (Kota Wisata Batu)

Di Kota Wisata Batu tidak hanya menyediakan wisata rekreasi, tetapi ada juga jalur wisata mendaki Gunung Panderman. Gunung ini sudah amat dikenal hingga ke Negeri Belanda. Maklum nama Panderman diambilkan dari nama orang Belanda Van Der Man yang mengagumi gunung tersebut.

Untuk mendaki dengan berjalan cepat hingga ke puncak hanya butuh waktu sekitar dua jam. Bagi pemula mungkin antara tiga sampai empat jam. Meski banyak jalan menanjak tetapi jarak dari kaki gunung hingga ke puncak tidak terlalu jauh.

Jika sampai ke puncak gunung, pendaki bisa menikmati indahnya pemandangan Kota Wisata Batu dan Kota Malang secara lengkap. Jika sampai puncak malam hari, akan terlihat hamparan sinar lampu kerlap kerlip nan mempesona. Dijamin bagi yang sedang berada di puncak tak ingin segera turun.

Setiap malam minggu dan hari libur banyak sekali wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang camping di lereng-lereng gunung itu. Mereka membawa tenda-tenda kecil untuk pelindung saat tidur.

Untuk naik gunung ini dari Kota Malang bisa naik bus lalu minta diturunkan di pertigaan Desa Pesanggrahan. Lalu berjalan kira-kira dua kilometer ke arah barat, dari sana suasana pegunungan mulai terasa.

Kawasan pertama yang akan dilalui jika ingin mendaki adalah kawasan Latar Ombo. Di sini biasa digunakan untuk berkemah sejumlah pendaki. Di sini juga ada sumber air yang jernih yang bisa dipakai cuci muka, mandi kalau mau, dan area di sekitarnya, bisa digunakan untuk memasak bagi pendaki yang akan meneruskan perjalanan naik atau turun. Di pos ini suasananya semakin indah. Gemericik air gunung yang jernih mampu menenangkan hati yang gundah. Sementara, dari situ juga bisa melihat kerlap kerlip sebagian lampu di Kota Wisata Batu. Suara alamnya mampu menggeser bisikan-bisikan setan yang membuat hati gelisah.

Setelah Latar Ombo, ada pos kedua yang bisa dijadikan istirahat sejenak. Pos itu namanya Watu Gede. Di kawasan ini ada batu besar, dari sini pula bisa menikmati pemandangan di bawah dengan cukup lengkap. Meski belum sampai puncak, pos ini sangat menakjubkan.

Bagi pendaki yang ingin membawa oleh-oleh bunga Edelweis, bisa mencari di beberapa semak dan lereng. Meski saat ini semakin jarang, bagi yang beruntung masih mungkin mendapatkan bunga keabadian tersebut.

Sumber klik disini

, , , , , , ,

  1. #1 by Moch Adnan on Juni 23, 2011 - 7:31 pm

    Waaah……
    tiap kali membaca tentang wisata kota batu, pokoke muantap mas…🙂

    • #2 by menone on Juni 24, 2011 - 10:10 am

      ga ada habisnya nich sobat……………..hehehehehehehehehehe

  2. #3 by Oral and Written on Juni 23, 2011 - 8:31 pm

    waduh, saya sekalipun belum pernah mendaiki gunung…he..he..
    jadi kepengen..😀

    • #4 by menone on Juni 24, 2011 - 10:11 am

      perlu dicoba sobat………. indah bgt pa lagi klo kita bisa sampai puncakkkkkk

  3. #5 by Budy on Juni 24, 2011 - 10:03 pm

    wah asik nih berwisata daki gunung..

    • #6 by MENONE on Juni 25, 2011 - 8:08 am

      bisa berwisata sekaligus sehat sobat hehehehehehe…………………..

  4. #7 by Mabruri Sirampog on Juni 25, 2011 - 1:08 pm

    sudah berasa kaya di Batu beneran mas…

    salaam

    • #8 by menone on Juni 25, 2011 - 3:07 pm

      hawa adem n udara sejuk sobat heheheheehhee…….

  5. #9 by fitr4y on Juni 25, 2011 - 2:57 pm

    adem bgt kayanya .. sayangnya aku gak kuat ke sana,, aku liat fotonya aja deh .. hehhe

    trims

    • #10 by menone on Juni 25, 2011 - 3:09 pm

      napa ga kuat sobat…..??????? ayoooo maen ke kota batu asyik bgt lhoooo

  6. #11 by coekma on Juni 25, 2011 - 4:11 pm

    Batu –> dingin –> selimut tebal –> kasur –> bubuk –> zzz…zzZzz..zzzZZ…zzzz…

    • #12 by menone on Juni 26, 2011 - 9:54 am

      hahahahahahahahaha…… pengalaman nich hahahahahahah

  7. #13 by Gusti 'ajo' Ramli on Juni 25, 2011 - 4:40 pm

    jadi pengen mendaki gunung…. sayang minggu lalu gagal mendaki gunung merapi

    • #14 by menone on Juni 26, 2011 - 9:55 am

      napa ga jadi sobat?

  8. #15 by Agung Putra on Juni 25, 2011 - 5:07 pm

    gila indah banget, saya belum pernah ke gunung

    • #16 by menone on Juni 26, 2011 - 9:55 am

      waaaaaaaaaaaaaaaahh….. klo nyoba sekali az pasti ketagihan sobat

  9. #17 by dede6699 on Juni 25, 2011 - 9:58 pm

    indahnyaaaaaa…hehee

    • #18 by menone on Juni 26, 2011 - 9:56 am

      segeeeeeeeeeeeerrrrrrrrrrrrrrr hehehehehehehe……………

  10. #19 by Fonega on Juni 26, 2011 - 6:12 am

    ada tugas buat si abang haha ayo dikerjakan, cek http://fonega.blogdetik.com/?p=734😉

    • #20 by menone on Juni 26, 2011 - 9:56 am

      waaaaaaaahhh dapet tugas apa nich hehehehehehehehe…………….

  11. #21 by visit london on Juni 30, 2011 - 7:24 pm

    kalo temen2 mau naik gunung, mas bisa jadi guide kita gak ni?hehe

    • #22 by menone on Juli 1, 2011 - 9:30 am

      waahhhh menone siap az nich hehehehehhehee……..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: