Desain Motor Sekarang Seperti Saling Jiplak

  • Bagian pertama bisa dilihat pada desain motor Honda New Blade kalau diperhatikan hampir mirip banget dengan Motor Yamaha Yupiter Z, saat awal kemunculannya menone sempat berfikir tuch motor Yupiter Z ternyata Produk Honda…..

  • Bagian kedua muncul desain baru Motor Suzuki Nex akhir tahun 2010 dan lagi-lagi desain nich motor kalau diteliti mirip banget dengan Honda Beat

  • Bagian ketiga sekaligus Produk yang terbaru dari Yamaha yaitu Yamaha Fino kalau diperhatiin desainnya mirip banget dengan Honda ScoopyItu semua menurut pendapat menone sobat, mungkin sobat yang lain punya pendapat yang berbeda silakan……..

UPDATE:

Ada tambahan pendapat nich dari sobat kita HIDUPINISEPERTI (a.k.a. Deni Oktora) yang sekaligus Karyawan dari PT. Yamaha Indonesia Motor

“Berhubung saya seorang karyawan dari PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg. saya ingin memberikan informasi bahwa Yamaha mio fino bukanlah hasil jiplakan dari Honda scoopy belaka. hal ini bukan karena saya semata-mata bekerja di Yamaha lantas membela Yamaha dan menjelekkan Honda loh. karena bagaimanapun Yamaha dan Honda memiliki gaya masing-masing dalam melakukan penetrasi pasar :)

perlu diketahui kalau Yamaha mio fino dan Honda scoopy bukan berasal dari pabrikan Indonesia (bukan diproduksi oleh Yamaha Indonesia Motor & Astra Honda Motor) melainkan mereka diproduksi oleh pabrikan Thailand (Yamaha Thailand & Honda Thailand)

Yamaha Thailand merelease Yamaha mio fino di Thailand sudah sedari awal 2006, sementara Honda Thailand meluncurkan Honda scoopy di pasaran thailand pada 2009. jadi kesimpulannya sang pioneer motor retro adalah Yamaha itu sendiri. hanya saja di Indonesia PT. Astra Honda Motor lebih berani untuk mengimpor duluan Honda scoopy dari thailand ke Indonesia dengan maksud untuk menciptakan pasar motor baru selain motor matic. karena kita sudah tahu bagaimana persaingan motor matic antara Mio VS Vario cukup membuat Honda kewalahan dalam segi penjualan.

Setelah AHM (Astra Honda motor) mengimpor Honda scoopy ternyata motor ini laku keras di Indonesia dan memiliki komunitas tersendiri sebagai motor retro. Melihat hal ini mungkin Yamaha Indonesia merasa kecolongoan β€œStart” dalam pasar motor retro. padahal Yamaha lah yang memproduksi duluan pada tahun 2006, oleh karena itu untuk merebut kembali pasar motor retro di Indonesia Yamaha mengimpor Yamaha mio fino dari Thailand guna menghadapi Honda scoopy :)

, , , , , , , ,

  1. #1 by Akhmad Muhaimin Azzet on Januari 26, 2012 - 2:38 pm

    iya mas, diakui ato tidak memang begitu…

  2. #2 by # obat glukoma on Januari 26, 2012 - 3:00 pm

    wahh siapa tuhh yang bikin ide dan siapa yang ngecopas??????

  3. #3 by haris widodo on Januari 26, 2012 - 3:54 pm

    emang begitu.

    Indonesia kapan yah bisa bikin motor sendiri?

  4. #4 by kips on Januari 27, 2012 - 9:55 am

    Iya mirip, rasanya sesama kompetitor sudah biasa berlaku seperti itu, saling memperhatikan dan menyesuaikan dengan peluang pasarnya πŸ˜€

  5. #5 by Fauzan Mars on Januari 27, 2012 - 10:39 am

    uda ku kira sblumnya…. gag seru ah nih pabrikan mtor

    nitip bro
    YANG BARU YANG BARU, CEKIBROT !!! πŸ™‚
    http://fauzanmars.wordpress.com/2012/01/27/idm-6-08-build-8-full-download-update-terbaru-idm-2012/

  6. #6 by Foredi on Januari 27, 2012 - 1:45 pm

    makasi untuk informasinya yang sangat bermanfaat
    salam,

  7. #7 by sure up plus on Januari 27, 2012 - 1:50 pm

    Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

  8. #8 by Gusti 'ajo' Ramli on Januari 28, 2012 - 1:17 am

    mungkin karena persaingan antara kompetitor, jadi ada beberapa komponen yang sama denga kompetitir mereka…

  9. #9 by djakarta182 on Januari 28, 2012 - 1:50 am

    jadi bingung mo pilih yang mana neh??? ❓ harga juga bersaing…

  10. #10 by OL on Januari 28, 2012 - 5:21 am

    Disamping untuk memunculkan ide desain sangat terbatas pada imajinasi desainer mungkin juga untuk persaingan bisnis kali. salam.

  11. #11 by myjayyvyn on Januari 28, 2012 - 6:32 am

    mungkin begini.. seperti juga mobil xenia dan avanza..
    kenapa modelnya hampir sama, karena kedua mobil itu di Indonesia diproduksi oleh pabrikan yang sama yaitu daihatsu… yang dibedakan dengan logonya daihatsu dan toyota…
    Tapi apa motor juga demikian ya?

  12. #12 by Obat Alami Diabetes on Januari 28, 2012 - 9:20 am

    bener banget tuh mas , kayanya menjiplak udah jadi budaya di indonesia deh ..
    ikut prihatin liatnya .
    makasih ya mas buat sharnya

  13. #13 by elfarizi on Januari 28, 2012 - 10:40 am

    yang paling lucu Yamaha Fino … keliatan banget mau nyaingin Scoopy. Tapi, itulah kompetisi. padahal, Yamaha cari aja inovasi yang lainnya, barangkali lebih greget πŸ™‚

    • #14 by Anonim on Agustus 17, 2016 - 1:44 am

      jelas jelas honda jiplak segala produk gak kreatif

  14. #15 by MasGiy on Januari 28, 2012 - 8:40 pm

    mungkin mereka mendesain menggunakan bantuan CAD dari pembuat software yang sama, atau jangan-jangan…..mereka arisan gambar desain πŸ˜†

  15. #16 by mobil butut on Januari 28, 2012 - 8:51 pm

    mengikuti selera pasar, terkadang sebelum meluncurkan produk, mereka saling rembuk desain . selanjutnya terserah pengembangan masing.
    seperti contoh di atas, inovasi selalu berkembang πŸ™‚

  16. #17 by hidupiniseperti on Januari 29, 2012 - 7:48 am

    @elfarizi : Berhubung saya seorang karyawan dari PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg. saya ingin memberikan informasi bahwa Yamaha mio fino bukanlah hasil jiplakan dari Honda scoopy belaka. hal ini bukan karena saya semata-mata bekerja di Yamaha lantas membela Yamaha dan menjelekkan Honda loh. karena bagaimanapun Yamaha dan Honda memiliki gaya masing-masing dalam melakukan penetrasi pasar πŸ™‚

    perlu diketahui kalau Yamaha mio fino dan Honda scoopy bukan berasal dari pabrikan Indonesia (bukan diproduksi oleh Yamaha Indonesia Motor & Astra Honda Motor) melainkan mereka diproduksi oleh pabrikan Thailand (Yamaha Thailand & Honda Thailand)

    Yamaha Thailand merelease Yamaha mio fino di Thailand sudah sedari awal 2006, sementara Honda Thailand meluncurkan Honda scoopy di pasaran thailand pada 2009. jadi kesimpulannya sang pioneer motor retro adalah Yamaha itu sendiri. hanya saja di Indonesia PT. Astra Honda Motor lebih berani untuk mengimpor duluan Honda scoopy dari thailand ke Indonesia dengan maksud untuk menciptakan pasar motor baru selain motor matic. karena kita sudah tahu bagaimana persaingan motor matic antara Mio VS Vario cukup membuat Honda kewalahan dalam segi penjualan.

    Setelah AHM (Astra Honda motor) mengimpor Honda scoopy ternyata motor ini laku keras di Indonesia dan memiliki komunitas tersendiri sebagai motor retro. Melihat hal ini mungkin Yamaha Indonesia merasa kecolongoan “Start” dalam pasar motor retro. padahal Yamaha lah yang memproduksi duluan pada tahun 2006, oleh karena itu untuk merebut kembali pasar motor retro di Indonesia Yamaha mengimpor Yamaha mio fino dari Thailand guna menghadapi Honda scoopy πŸ™‚

    • #18 by elfarizi on Januari 29, 2012 - 8:47 am

      Oh, gitu yaa, Mas Hidup πŸ™‚
      Thanx informasinya …
      Semoga Yamaha terus meluncurkan inovasi terbaiknya yaaa πŸ™‚

      Ngomongin masalah buatan Thailand, pantas aja motor Scoopy banyak banget dipake sama aktor di film-film Thailand hehe πŸ˜€

  17. #19 by Falzart Plain on Januari 30, 2012 - 1:20 pm

    saya jarang perhatikan motor sih… tapi memang mirip, nih…
    Eniwey, yang Karyawan PT. Yamaha itu bukan Bang hidupiniseperti a.k.a. Deni Oktora ya?
    Kok Bang Elfarizi?

    • #20 by MENONE on Januari 30, 2012 - 1:39 pm

      sry sobat td salah masukan nama……… makasih udah mengingatkan…salam

  18. #21 by Widhi Online on Januari 31, 2012 - 8:03 pm

    saya setuju kang menone… sekarang jarang ada yang kreatif buat model sendiri… mobil pun rata2 begitu

  19. #22 by bensdoing on Februari 1, 2012 - 11:17 am

    walaupun mungkin saling jiplak….tapi hasil akhirnya tetap keren2 ya sob….

  20. #23 by putracisc on Februari 2, 2012 - 12:17 pm

    bagian ke dua yang mirip banget masbro.
    ckckck

  21. #24 by choirunnangim on Februari 2, 2012 - 3:22 pm

    Yamaha Selalu Terdepan..
    Untuk bajak membajak design kendaraan mungkin itu perkerjaan yang merancang Mba..
    Atu memang itu pekerjaan vendor yang menangani masalah design..
    Tentu saja siapa yang membeli design tercepat dan harga yang lebh mahal akan mendapat design motr yang lebih baik.. semoga aku salah..

  22. #25 by kira on Februari 5, 2012 - 12:51 am

    kehabisan ide kali ya bang, hehehe

  23. #26 by bimo96 on Februari 12, 2012 - 10:09 am

    biasa masss… bertarung sengit

  24. #27 by skyblue on Februari 25, 2012 - 8:15 pm

    catatan honda scoopy sudah ada sejak tahun 2001 di jepang…..
    http://www.alibaba.com/product-free/111086461/Used_Motorcycle_HONDA_Scoopy_DX_2001.html

  25. #28 by tomi on Februari 29, 2012 - 9:47 am

    kalau menurut saya kan semuanya sama2 produsen jepang kan mas.. jadi mgkn satu pabrik dalam hal body πŸ™‚
    jadine ya mirip2 hehehe

  26. #29 by Jefry on April 13, 2012 - 2:39 pm

    Mungkin saja disengaja supaya membingungkan calon pembeli
    tapi kalau saya biasanya memilih motor yang awat, hemat BBM dan punya harga jual kembali yang bagus
    nice share, sukses selalu buat anda

  27. #30 by cikaa kantara on Desember 6, 2012 - 3:04 pm

    persaingan bisnis . . dengan memberi model yg hampir sama . .dan berharap apa yg dia ciptakan lebih baik dari produk pesaingnya . .

  28. #31 by peluang usaha rumahan on Januari 24, 2013 - 3:22 pm

    Bila dilihat secara seksama memang sangat mirip dan bahkan sama persis.

  29. #32 by obat kuat dan tahan lama berhubungan intim on Januari 24, 2013 - 3:24 pm

    Kayaknya mulai terlihat tanda-tanda perang terbuka dimulai.

  1. Desain Motor Sekarang Seperti Saling Jiplak « The Rainbow

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: