Tips Bisnis (Menjaga Hubungan Baik Dengan pelanggan)

tips bisnis
Produk Anda Hebat? Itu Baru Permulaan

Salah satu tantangan terberat dalam berbisnis dari startup ke tingkat yang lebih tinggi lagi adalah menciptakan “hubungan” dengan pelanggan. Membangun hubungan tidak hanya berarti Anda menyediakan produk yang hebat, karena kualitas produk hanya merupakan awal dari sebuah bisnis. Hubungan yang sesungguhnya terjadi saat Anda menemukan cara untuk memberikan nilai dalam kehidupan pelanggan Anda, sebelum, selama dan sesudah penjualan. Hubungan membuat pelanggan Anda memilih perusahaan Anda dibandingkan perusahaan saingan, meningkatkan kepuasan pelanggan selama mereka berinteraksi dengan perusahaan Anda, dan menjaga mereka untuk tetap kembali membeli produk Anda. Ciptakan hubungan dengan pelanggan Anda melalui 3 cara berikut ini:

1. Tawarkan penawaran ekstra

Saat pelanggan memilih produk mana yang akan mereka pilih, mereka akan dihadapkan dengan begitu banyak tawaran yang kerap kali nampaknya sama antara satu produk dengan produk yang lain. Melihat hal itu, Anda harus membuat bisnis Anda berbeda tidak hanya dengan menunjukan nilai dari produk Anda, tapi juga keunikan yang dimiliki produk Anda. Jika bisnis Anda merupakan bisnis real estate, contohnya, jangan hanya mengirimkan kartu atau selebaran yang berisi gambar real estate Anda. Tapi lebih dari itu, kirimkan juga gambar restoran terdekat bahkan mungkin resep makanan disana, agar pelanggan Anda dapat membayangkan suasana pemukiman disana dan dapat menginspirasi mereka untuk tinggal di sana. Sebagai tambahan bonus, bekerja samalah dengan restoran itu untuk menjadi salah satu PR Anda.

2. Sediakan pusat informasi untuk perusahaan Anda

Waktu yang dimiliki pelanggan sangat berharga. Buatlah bisnis Anda terhubung dengan mereka dengan menjadi saringan informasi bagi mereka saat mereka hendak menentukan pilihan untuk membeli produk. Memberikan informasi penelitian singkat atau pendapat para pakar akan memudahkan pelanggan untuk menentukan produk yang benar-benar sesuai kebutuhannya. Saat pelanggan menelepon dan mengeluhkan tentang masalah perubahan peraturan di daerahnya, hal ini akan memberikan informasi kepada perusahaan bahwa terdapat perubahan di suatu daerah, sehingga perusahaan dapat dengan segera menyusun strategi untuk menghadapi perubahan itu. Dengan begitu perusahaan akan semakin dinamis dan tidak ketinggalan dengan perubahan di luar.

3.  Lindungi pelanggan Anda, bahkan setelah pembelian

Pelanggan senang menghabiskan uang mereka ke tempat yang membuat mereka merasa aman. Salah satu cara terbaik untuk tetap terhubung dengan pelanggan adalah melindungi mereka bahkan setelah mereka selesai melakukan pembelian. Jika perusahaan Anda adalah perusahaan agen travel, contohnya, jangan biarkan interaksi dengan pelanggan selesai setelah tiket pesawat dibeli.

Buatlah perusahaan Anda tetap menjadi yang pertama kali diingat oleh pelanggan dengan mengirimkan daftar informasi penting perjalanan seminggu sebelum keberangkatan.

Ingatkan mereka tentang peraturan-peraturan yang harus diperhatikan selama perjalanan, berikan juga infomasi yang yang berkaitan dengan masalah kesehatan dan keselamatan mereka di tempat tujuan. Hal ini akan memberikan kesan yang baik, dan membuat pelanggan tahu bahwa Anda peduli dengan mereka dan merupakan investasi yang baik bagi mereka sebagaimana mereka juga merupakan investasi yang baik bagi peusahaan Anda. Jika Anda menyarankan mereka untuk membawa barang tertentu yang penting dalam perjalanan, hubungi pula perusahaan penjualan produk terkait untuk mengirimkan brosur barang-barang yang dibutuhkan pelanggan Anda, untuk memudahkan pelanggan Anda membeli barang tersebut. Mungkin saja dengan begini Anda bisa menambah bisnis baru atau membina hubungan yang baik dengan bisnis lain.

Hubungan adalah alat yang paling kuat untuk menumbuhkan bisnis Anda dan menguatkan pasar Anda. Usaha untuk tetap terhubung dengan pelanggan Anda dapat meningkatkan kesetiaan dan menciptakan kesempatan marketing, dan memendekan siklus penjualan yang nantinya akan membawa banyak keuntungan untuk bisnis Anda.

SEMOGA BERMANFAAT

, , , , , , , , , , , ,

  1. #1 by cumakatakata on Februari 24, 2013 - 10:48 am

    Tips yang sangat perlu dipraktekan Mas…

  2. #2 by Solochanger on Maret 4, 2013 - 5:12 pm

    benar sekali nih, interaksi yang baik harus senantiasa dibangun ^^

  3. #3 by Tips & Tutorial Terbaru on September 3, 2015 - 11:05 am

    Very good article. I certainly appreciate this site.
    Keep writing!

  1. UBI TALAS EXTRA PEDAS | Wisataholiday's Blog
  2. SANCU | Wisataholiday's Blog
  3. MARI WIJEN | Wisataholiday's Blog
  4. KERIPIK KENTANG | Wisataholiday's Blog
  5. KERIPIK TEMPE BURUNG SWARI | Wisataholiday's Blog
  6. KERIPIK SALAK | Wisataholiday's Blog
  7. KERIPIK NANGKA | Wisataholiday's Blog
  8. KERIPIK APEL | Wisataholiday's Blog
  9. SAMBEL PECEL SANGRAI | Wisataholiday's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: