VESPA

info vespa

  • SEJARAH VESPA

Pada akhir Perang Dunia II, pabrik Piaggio dibom oleh pesawat sekutu. Setelah perang usai, Enrico Piaggio mengambil alih Piaggio dari ayahnya (Rinaldo Piaggio). Pada saat itu perekonomian Italia sedang memburuk, Enrico memutuskan untuk mendisain alat transportasi yang murah. Enrico memutuskan untuk fokuskan perhatian perusahaannya pada masalah personal Mobility yg dibutuhkan masyarakat Italia. Kemudian bergabunglah Corradino D’Ascanio, Insinyur bidang penerbangan yang berbakat yang merancang, mengkonsep dan

menerbangkan Helikopter Modern Pertamanya Piaggio. D’Ascanio membuat rancangan yang simple,ekonomis, nyaman dan juga elegan. D’Ascanio memimpikan sebuah revolusi kendaraan baru. Dengan mengambil gambaran dari tehnologi pesawat terbang, dia membayangkan sebuah kendaraan yang dibangun dengan sebuah “Monocoque” atau Unibody Steel Chassis. Garpu depan seperti Ban mendarat sebuah pesawat yang mana mudah untuk penggantian ban. Hasilnya sebuah design yg terinspirasi dari pesawat yang yang sampai saat ini berbeda dengan kendaraan yang lain.

Maka pada 1945, konstruksi alternatif tersebut ditemukan. Awalnya memang sebuah konsep sepeda motor berkerangka besi dengan lekuk membulat bagai terowong. Mengejutkan, ternyata bagian staternya dirancang dengan menggunakan komponen bom dan rodanya diambil dari roda pesawat tempur.

Guna mengoptimalkan bentuk dan keamanan penggunanya, pabrikan yang kala itu masih terbilang sebagai usaha ”kaki lima” merancang papan penutup kaki pada bagian depan. Proyek ini langsung dipimpin oleh Corradino d’Ascanio. Karena itu, hak paten pun segera dapat mereka kantongi.

Hasilnya, muncullah pertama kali produk motor dengan seri MP5. Kendaraan ini berteknologi sederhana tetapi punya bentuk yang amat menarik, bagai binatang penyengat (lebah/tawon) karena bentuk kerangkanya.

Namun, karena bentuk penutup pengaman yang bagai papan selancar itu, sejumlah pekerja di pabrik Piaggio pun bahkan mengatakannya sebagai motor Paperino. Harap diingat, Paperino adalah sindiran sinis untuk tokoh Donald Duck (bebek). Maka, d’Ascanio pun putar akal untuk memperbaiki model tersebut.

D’ascanio hanya membutuhkan beberapa hari untuk mengonsep ulang bentuk desain kendaraannya dan prototipnya diberi nama MP6. Saat Enrico Piaggio melihat protototip MP6 itu, ia secara tak sengaja berseru “Sambra Una Vespa” (terlihat seperti Tawon). Akhirnya dari seruan tak sengaja itu, diputuskan kendaraan ini dinamakan ‘Vespa’ (tawon dalam bahasa Indonesia). Pada April 1946, prototip MP6 ini mulai diproduksi masal di pabrik Piaggio di Pontedera, Italia.

Pada Akhir 1949, telah di produksi 35000 unit dan dalam 10 tahun telah memproduksi 1 Juta unit dan pada pertengahan tahun 1950. Selama tahun 1960-an dan 1970-an Vespa menjadi simbol dari revolusi gagasan pada waktu itu.

Perkembangan selanjutnya, produk ini ternyata laris diserap pasar Prancis, Inggris, Belgia, Spanyol, Brazil, dan India — selain di pasar domestik produk ini laku bagai kacang goreng. Selain itu, India pun memproduksi jenis dan bentuk yang sama dengan mengambil mesin Bajaj. Jenisnya adalah Bajaj Deluxe dan Bajaj Super. Sejumlah pihak lantas mengajukan lamaran untuk joint membuat Vespa. Maka pada 1950 munculah Vespa 125 cc buatan Jerman.

Pada saat itu banyak negara lain yang mencoba membuat produk serupa, tetapi ternyata mereka tak sedikit pun mampu menyaingi Piaggio. Di antara pesaing itu adalah Lambretta, Heinkel, Zundapp, dan NSU. Bagi masyarakat Indonesia, produk Lambretta dan Zundapp, sempat populer di era 1960-an.

Selidik punya selidik, fanatisme terhadap Vespa ternyata muncul akibat ciri dasar bentuk motor ini yang selalu dipertahankan pada setiap produk berikutnya. Bahkan saat mereka terbilang melakukan ”revolusi” bentuk pada produk baru, Vespa 150 GS, kekhasan pantat bahenol masih terasa melekat.

Produk 150 GS — kala itu dikenal sebagai Vespamore dan hampir selalu tampil di tiap film tahun 1960-an — memang kemudi dan lampu sorotnya mulai dibuat menyatu. Tetapi, secara keseluruhan apalagi bentuk pantatnya, benar-benar masih membulat. Dan cerita terus berlanjut saat ini dengan model generasi baru Vespa, mempersembahkan Vespa ET2, Vespa ET4, Vespa Granturismo dan Vespa PX150. Vespa bukan hanya sekedar Scooter tapi salah satu Icon besar orang Italia.

  • SEJARAH VESPA DI INDONESIA

Demam Vespa” di tanah air sangat di pengaruhi oleh “Vespa Congo”. Vespa diberikan sebagai Penghargaan oleh Pemerintah Indonesiaterhadap Pasukan Penjaga Perdamaian Indonesia yang bertugas di Congosaat itu.

Menurut beberapa narasumber, setelah banyak Vespa Congo berkeliaran di jalanan, mulailah Vespa menjadi salah satu pilihan kendaraan roda dua di Indonesia. Importir lokal turut mendukung perkembangan Vespa di tanah air.

Sampai saat ini sudah puluhan varian Vespa yang mampir di Indonesia. Dari yang paling tua hingga yang paling baru ada di Indonesia. Sampai saat ini Indonesia mungkin masih bisa disebut sebagai surganya Vespa. Maraknya ekspor Vespa, sedikit banyak mengurangi populasi Vespa di Indonesia.

KEUNIKAN PENGENDARA VESPA DI INDONESIA

  • Tegus Sapa sesama pengendara VESPA

Para pengenda vespa rupanya memiliki beberapa kebiasa unik yang entah sejak kapan dimulainya, namun sudah menjadi tradisi yang tidak boleh agan lewatkan ketika mengendarai Vespa. Akan terasa Sekali rasa persaudaraan yang kuat ketikan agan merasakanya langsung.

salam vespa

  • Tolong menolong sesama pengendara VESPA

Entah apa yang mendasari tejadinya hal ini, namun saling tolong menolong antara pengendara vespa merupakan suatu hal yang sering terjadi, dan hal ini pun sudah muncul dengan sendirinya dari dalam diri para pengendara vespa. Membuat rasa persaudaraan semakin mendalam, dan rasa memiliki banyak saudara ketika berada di perjalanan.

toleransi vespa

  • Sopan santun dan tata tertip komunitas

Walaupun penampilan para pengendara Vespa itu banyak yang urakan, seram dan sebagainya. Tapi jangan pernah agan agan fikir bahwa para pengendara Vespa itu anarkis loh gan. Justru mereka lebih mengerti tata tertib dan sopan santun ketika di jalan ketimbang geng motor yang bangga ketika membuat onar.

komunitas vespa

  • Touring luar kota

Siapa bilang gan motor Vespa motor tua yang gampang mogok?Tua tua juga masih kuat gan, dan sensasi turing bareng pengendara Vespa adalah hal yang paling indah gan. Coba sendiri dah……Eiiit jangan salah loh gan motor Vespa itu seperti punya nyawa ketika kita bener bener rawat dan sayang, si motor juga akan memberikan yang terbaik buat si pemilik. Nih Buktinya jalan ke luar Kota aja kuat gan..

vespa touring

  • Hormat VESPA

ah yang ini ane juga bingung gan gimana ceritanya, waktu ane masih sd setiap ada vespa lewat pasti hormat. Kalo misalkan ane gak hormat pasti langsung di jitak temen ane.

salam hormat vespa

  • VESPA bebas tilang gan (katanya sihhhh)

Kalo yang ini sih ane belom pernah ngalamin sendiri gan, tapi menurut pengalaman temen temen scoteris ane gan vespa itu anti tilang gan, asal memenuhi tata tertib lalu lintas gan.

vespa bebas tilang

  • Romantic VESPA

buat para sista yang nganggep vespa itu dekil atau apa lah itu salah banget yaa . Kan cewe jaman sekarang lebih milih naik ninja daripada Vespa. Ya biasalah takut mogok gan . Tapi justru romantisnya disitu gann cekibrot dah……

romantic vespa

  • VESPA itu sexy

Nah jangan anggep vespa itu gak seksih gann. Ane gak sanggup berkata apa apa liat sendiri dahh.

sexi vespa

  • VESPA is strong

lu kira cuma tank doang yang bisa ikut perang? Nih buat yang mandang sebelah mata vespa.

vespa strongSEMOGA INFO KALI INI BISA BERMANFAAT………….. SALAM

Info menarik lainnya klik disini:

sumber Artikel klik disini

Iklan

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

  1. #1 by Dewi on Maret 22, 2014 - 10:58 am

    kuren ya si lebah

  2. #2 by Fahri's Articles on Maret 23, 2014 - 2:06 pm

    Vespa memang luar biasa sob, o iya satu lagi opini dari ane, vespa itu jarang kecelakaan, hehehe

  3. #3 by Ririn Setia on Maret 23, 2014 - 3:45 pm

    wah saya belum pernah naik vespa nih. Kapan-kapan boleh dicoba 😉

  4. #4 by Yahya on Maret 23, 2014 - 7:42 pm

    Waaah jadi kepingin nih punya vespa

  5. #5 by ysalma on Maret 24, 2014 - 12:12 pm

    Bapak saya dulu juga punya si lebah ini,
    saya cita-cita juga pengen punya satu yang matic *belum kesampaian 🙂

  6. #6 by yuniarinukti on Maret 24, 2014 - 4:35 pm

    Ah yang bener Mas? masa iya Vespa anti tilang? wkwk..
    Dan untuk hormat itu ckck.. Vespa bener-bener spesial ya 😀

  7. #7 by Ditter on Maret 25, 2014 - 5:58 am

    Jadi inget. Dulu saya pas SMA bawa motor Vespa. Walaupun sering mogok, tapi asyik, hahaha….

  8. #8 by Noer on Maret 25, 2014 - 10:46 pm

    Vespa dari dulu hingga sekarang gak kalah uniknya…

  9. #9 by I Putu Sumahendra on Maret 28, 2014 - 1:46 pm

    yang paling saya bingung memang tentang hormat terhadap vespa… 😀
    apa maksudnya ya?

  10. #10 by dian on Mei 3, 2014 - 10:02 am

    aduh kapan ya ane punya pespa cb sih punya

    • #11 by Anonim on Desember 16, 2014 - 9:50 pm

      Vespa slalu di hati,,
      Salam persaudaraan!!!

  11. #12 by venomz085 on Maret 28, 2015 - 12:21 pm

    vespanya keren
    http://venom-ku.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: