10 Tips Mengatasi Susah Bangun Tidur

Saat pagi datang, seringkali kita masih mau menggeliat dan malas-malasan di atas tempat tidur. Tidak peduli dengan matahari yang udah naik, jam weker maupun alarm yang teriak-teriak memintamu untuk bangun, kita tetap asyik bergelut dengan selimut, kembali bersiap untuk tidur ronde kedua.

Bangun pagi memang bukan perkara yang mudah. Kabar buruknya adalah hidup, waktu, dan hari bakal terus berjalan, guys. Apa kabarnya kerjaan kalau kita terus malas-malasan? Masa’ mau rejekinya terus dipatok ayam? Kapan kita mau gantian matokin rejekinya ayam?

Nah, supaya kamu bisa lebih semangat memulai hari, ada cara-cara yang bisa kamu coba. Ini dia beberapa di antaranya:

1. Temukan Motivasimu

1

 

Temukan motivasimu untuk bangun pagi saat rasa malas dan bisikan setan mulai mengajakmu untuk kembali ke nyamannya tempat tidurmu. Motivasi itu sendiri bisa bermacam-macam bentuknya: entah itu untuk bisa menikmati sarapan bersama keluarga, menghindari macet, atau bahkan membuktikan bahwa kamu bisa juga bangun on-time. Tantang dirimu sendiri untuk bangun dari tempat tidurmu!

2. Perhatikan Kesehatanmu

2

Rasa malas yang kamu alami di pagi hari bisa jadi adalah indikator buruk buat kesehatanmu. Mungkin aja kamu butuh makanan yang lebih sehat lagi, kekurangan atau justru terlalu banyak istirahat, atau kurang olahraga. Mulai cermati hal-hal kecil tersebut dan segera tangani masalahnya dengan benar.

3. Perhatikan Juga Jam Biologismu

3

Tubuh kita layaknya sebuah sistem yang bisa mengatur dirinya sendiri. Jika kamu ingin bangun lebih pagi dari biasanya, cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan bertahap. Majukan waktu bangunmu sebanyak 10-15 menit, dan ulangi selama 2 atau 4 hari. Hal ini dimaksudkan agar sistem tubuhmu nggak kaget dengan waktu bangun pagi yang harus berubah.

4. Sediakan Segelas Air Minum Di Meja Tidurmu

4

Meminum segelas air putih setelah kamu bangun tidur tidak hanya baik untuk organ-organ dalammu, tapi juga akan smembuatmu merasa segar. Kamu pun gak lagi berminat untuk malas-malasan. Jadi mulai sekarang biasakanlah menaruh segelas air putih di meja tidurmu.

5. Jauhkan Jam Alarmmu

5

Jika selama ini alarm sama sekali tidak berguna untukmu, mungkin saja masalahnya karena letaknya yang masih berada di dalam jangkauan tanganmu. Meletakkan alarm di dekatmu hanya akan membuatmu menekan tombol snooze dan kembali ke nyamannya tempat tidurmu.

Untuk mencegahmu menekan tombol snooze dan membuatmu bergegas bangun saat alarmmu berdering adalah dengan meletakknnya jauh dari jangkauan tanganmu. Dengan trik kecil ini kamu akan dipaksa bangun dari tempat tidur.

6. Melompatlah Dari Tempat Tidurmu

6

Jika berjalan untuk mematikan alarm yang ada di seberang kamar masih belum bisa membuatmu bersemangat, mungkin ini tandanya kamu harus melompat untuk mengawali pagimu. Melompat dari tempat tidurmu akan membuat tubuhmu lebih banyak bergerak sehingga kamu akan merasa excited dan menghilangkan rasa malas yang sering menggelayutimu di pagi hari.

7. Jangan Makan Cokelat, Minum Kopi, Lebih-Lebih Minum Minuman Beralkohol

7

Jenis makanan dan minuman ini dapat bertahan perlu waktu untuk dapat dikeluarkan, yang telah terbukti secara klinis dapat menggangu tidurmu lebih daripada jenis makanan yang lainnya. Jadi supaya kamu bisa tidur nyenyak dan nggak lagi bermalas-malasan, hindari konsumsi cokelat, kopi serta alkohol.

8. Tambahkan Aromaterapi di Dalam Kamarmu

8

Tambahkan sentuhan aromatik yang akan membuatmu bersemangat. Beberapa wewangian seperti aroma jeruk, aroma anggur, atau aroma mint bisa kamu coba untuk memberikan semangat untuk pagi harimu.

9. Hentikan Kebiasaan “Balas Dendam”-mu Di Akhir Pekan

9

Tubuh kita secara alamiah menyukai keteraturan. Ketika kamu balas dendam dengan tidur seharian di saat weekend hanya karena kurangnya waktu tidurmu saat weekday, kamu bakal mengacaukan waktu tidur dan jam biologismu. Jangan heran jika di hari Senin kamu bakal ngalami sindrom I Hate Monday.

10. UnduhAplikasi Alarm Yang Susah Di-Snooze

10

Manfaatkan smartphone-mu dengan cara yang memang bikin kamu tambah smart. Unduh beberapa aplikasi alarm yang sulit di-snooze, seperti MathAlarm, PuzzleAlarm, atau TiltAlarm. Ini bisa kamu memaksamu benar-benar bangun dan mencegahmu bermalas-malasan di pagi hari.

 

Nah itu dia 10 tips dan trik yang bisa bikin kamu benar-benar bangun dan mencegahmu untuk kembali bermalas-malasan di atas tempat tidur. Ayo dipraktekin; nanti rejekimu habis dipatok, lho!… Semoga Bermanfaat.. salam

Info menarik Lainnya:

Sumber artikel klik Disini

, , , , , , , , , , , , , , ,

  1. #1 by ysalma on Juli 24, 2014 - 8:23 pm

    harus dipraktekkan, biar rejekinya ga keburu di patok ayam🙂

  2. #2 by menunasikotakmalang on Agustus 17, 2014 - 8:06 am

    mantap ini tipsnya…. suippp !!!!

  3. #3 by digihealth30 on Desember 9, 2014 - 5:52 pm

    Berbicara masalah seks masih menjadi tabu bagi kebanyakan orang sekaligus menarik untuk diperbincangkan, terlebih lagi mengenai kebenaran informasi tersebut. Beberapa mungkin tepat, namun tidak jarang yang kebenarannya masih dipertanyakan. Seringkali yang terjadi, kebanyakan dari kita terjebak dalam mitos-mitos seks, seperti Anda tidak akan hamil saat pertama kali berhubungan badan, Berhubungan badan saat sedang menstruasi tidak akan membuat anda hamil, Posisi Seks Berdiri tidak akan hamil, Selaput dara robek menandakan tidak perawan, Ukuran Mr. P menentukan kepuasan berhubungan badan.
    Sumber: udoctor.co.id

  4. #4 by bimbingan belajar jakarta on Maret 3, 2015 - 3:33 pm

    iya betul 10 poin diatas memang diperlukan, namun lebih mudahnya hanya gunakan saja poin no 1 temukan motivasi kamu kenapa harus bangun pagi, bagi pelajar seperti saya karena untuk mencari ilmu, belajar di bimbingan belajar, agar kelak bisa sukses

  5. #5 by Healfind on Oktober 19, 2016 - 6:58 am

    Saya susah bangunnya bukan dipagi hari,tapi setiap ingin bangun tidur dibangunin sekeras apapun susah,kayak mana caranya y

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: