Tips Belanja Aneka Oleh-oleh

tips belanja

Liburan Telah tiba, dan sebagian tradisi masyarakat kita saat liburan adalah melakukan perjalan/rekreasi baik bersama keluarga, teman kantor maupun para sahabat.

Mungkin dari kita pernah melakukan perjalanan/Tour/Rekreasi dengan menggunakan jasa Travel baik itu pribadi / kelompok (Group), tidak jarang pula Travel yang kita sewa biasanya menyediakan pemandu wisata/perjalanan biasa juga disebut TL (Tour Leader). Keberadaan TL ini sangatlah membantu didalam perjalan Anda  apalagi jika anda/Group belum paham tentang lokasi/medan tujuan dari perjalan Anda.

Dalam sebuah Tour salah satu jadwal yang tidak boleh terlewatkan adalah “Belanja Oleh-oleh”… Dan Fenomena sekarang adalah Tujuan belanja oleh-oleh ini biasanya ditentukan oleh pihak Travel/TL, kita akan diarahkan kesalah satu Toko/Pusat Oleh-oleh yang biasa menjadi langganan pihak Travel/TL . Dan tahukan Anda, biasanya antara Toko dan Pihak Travel/TL ini biasanya sudah mempunyai perjanjian kerjasama yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak, dimana pihak Travel/TL akan mendapatkan sekian persen dari total belanjaan Anda/Group. (Maaf tidak semuanya Toko danTour/Travel melakukan ini).

Dan fakta dilapangan yang penulis lihat selama ini rata-rata pihak Tour/TL mendapatkan komisi 15%-30% dari total belanjaan Anda/Group, jadi harga barang yang ditoko sudah jelas akan dijual lebih mahal dari harga normal (tanda kutip karena pihak toko juga harus memberikan sekian persen ke pihak Tour/TL + Sales), salah satu contoh sebuah camilan yang biasanya dijual harga normal Rp 7.000/bungkus bisa menjadi Rp 14.500/bungkus (ini fakta karena penulis sudah banyak melakukan pengamatan dilapangan).

Berikut contoh simulasi kejadian diatas:

Misal Anda/Group sejumlah 70 Orang dalam satu bus, dan masing-masing orang belanja habis 200.000,/orang

  • Belanja Rp. 200.000/orang x 70 (jumlah group) = Rp. 14.000.000
  • Travel/TL 30% dari total Belanjaan Group  Rp. 14.000.000 x 30% = Rp. 4.200.000
  • Total Bonus/komisi yang diterima pihak Travel/TL Rp. 4.200.000

Kita bisa lihat itu adalah komisi yang mereka dapat didalam jadwal 1x belanja dengan asumsi tiap orang belanja Rp. 200.000,- dan tidak jarang pula dalam setiap tour kita dijadwalkan beberapa kali ke tujuan belanja.

tips tour

Berikut Tips Belanja “Aneka Oleh-oleh” saat Tour;

  • Sebelum melakukan perjalanan carilah Referensi Toko-toko apa saja yang layak (menjual barang dengan harga normal)  dangan cara browsing diinternet atau bertanya pada orang yang lebih paham/mengerti.
  • Tentukan sendiri Tujuan Toko/pusat oleh-oleh yang menurut anda bagus dan layak
  •  Jangan sungkan untuk menentukan sendiri tujuan belanja karena pihak Travel/TL Anda sewa untuk kenyamanan perjalanan Anda/Group.
  •  Saat berbelanja perhatikan exp pada tiap kemasan
  • Saat memilih makanan yang didisplay di rak/etalase cobalah pilih yang barisan paling belakang biasanya exp lebih lama alias barang baru selalu ditaruh baris paling belakang hehehe….
  •  Carilah Oleh-oleh yang sesuai dengan ciri khas tempat tujuan Tour Anda (masak belanja oleh-oleh kerupuk yang ditempat asal Anda sudah banyak hehehehe……)
  •  Jangan terpengaruh harga yang dibawah harga normal, misal contoh harga keripik buah  normal Rp. 12.000/bks, disitu ada yang menjual harga Rp. 30.000 dapat 10bks (maka siap-siaplah Anda kecewa saat membukanya hehehehe……. ) karena  itu KW2 (hancur) dan isinya Cuma beberapa gram saja mereka mengakali dengan kemasan yang melembung biar keliihatan banyak….
  •  Apabila bisa menawar maka tawarlah dengan harga termurah, dengan cara membandingkan satu penjual satu dengan penjual yang lain.
  • Biasanya Toko oleh-oleh menyediakan tester dari produk-produk yang mereka jual, jadi jangan sungkan atau malu untuk mencoba, lumayan kan bisa incip-incip gratis hehehehee….
  •  Jika Jadwal tujuan Tour Anda masih banyak mending belanja secukupnya dulu, dikarenakan saat anda berkunjung ke tujuan yang lain anda akan menemukan wisata belanja/barang baru lagi.
  • Sendirikan atau pilah jenis belanjaan Anda (cair, Aroma menyengat, pakaian, atau yang mudah hancur).
  • Mintalah packaging yang baik kepihak toko untuk menjaga barang belanjaan Anda.
  • Beri nama pada kardus/kantung belanjaan anda, supaya saat ditaruh dibagasi tidak sampai tertukar.

Sekian Tips Belanja “Aneka Oleh-oleh” Dari  MENONE  semoga bisa bermanfaat, Selamat Berlibur… semoga liburan Anda Menyenangkan….. SALAM

 

 

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

  1. #1 by Alhira Technologies on Desember 22, 2014 - 10:06 am

    sangat bagus gan, makasih contohnya. bermanfaat baget bagi kami

  2. #2 by mebel jepara on Desember 30, 2014 - 11:14 pm

    makasih mas infonya.salam kenal mas.

  3. #3 by nabila on Januari 8, 2015 - 12:25 pm

    infonya bagus gan makasi

  4. #4 by audio sholat on Januari 13, 2015 - 9:31 am

    makasih atas tips nya gan. sip

  5. #5 by Tanah Kavling Pontianak on Januari 14, 2015 - 2:24 pm

    Thanks informasinya yaaa

  6. #6 by Tanah Murah on Januari 14, 2015 - 2:26 pm

    mantaaaaf

  7. #7 by rental mobil di bkrentcar on Februari 11, 2015 - 11:38 am

    biasanya sih saya kalo lagi jalan2 apalagi menggunakan rental mobil dari bkrentcar, itu triknya nawar2 ehehhe, jadi cari tempat tujuan lalu kalau sudah ketemu cari tempat dengan barang yang sama tanya harganya kalo lebih murah ya beli, tapi kalau masih mahal balik yang pertama atau cari lagi, (trik mudah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: