Makna Lagu Gundul-Gundul Pacul

Lagu Gundul-Gundul Pacul adalah lagu tradisional yang diciptakan oleh Sunan Kalijaga, sebuah lagu yang sederhana namun mempunyai makna yang begitu mendalam, dalam tulisan Menone kali ini kita akan mengupas makna dari lagu tersebut, berikut lirik lagunya:

Gundul gundul pacul-cul,

gembelengan

Nyunggi nyunggi wakul-kul, gembelengan

Wakul ngglimpang

segane dadi sak latar

Oke sekarang kita kupas satu persatu tiap kata dari syair lagu ini.

  • Gundul gundul pacul-cul,……gembelengan

Gundul Pacul diumpamakan seorang anak kecil atau manusia polos yang masih belum mengerti apa-apa, Gembelengan bisa diartikan bertingkah nakal atau berbuat apa saja. Jadi mungkin kalau diterjemahkan adalah anak kecil yang polos bisa berbuat apa saja atau nakal tanpa ada efek dari apa yang dia perbuat dikarenakan dia masih belum mengerti makna/arti dari sebuah kata tanggung jawab/resiko dari apa yang dia perbuat….

  • Nyunggi nyunggi wakul-kul, gembelengan….Wakul ngglimpang…..segane dadi sak latar

Nyunggi Wakul bisa diartikan orang yang mempunyai atau diberikan tanggung jawab/amanat (pejabat/Pimpinan) , gembelengan maknanya sama dengan makna diatas tadi, Wakul ngglimpang adalah sebuah tanggung jawab/amanat yang dirusak/disalah gunakan, segane dadi sak latar akibat dari apa yang sudah diperbuat. Dan kalau diterjemahkan secara luas bisa diartikan sbb:

Manusia apabila telah diberi sebuah amanat/tanggung jawab (pemimpin/jabatan) sesungguhnya dia sudah diberikan sebuah beban atau kepercayaan diatas segalanya dalam kata nyunggi (menaruh sesuatu diatas kepala) jadi misalkan anda seorang pemimpin jangan tinggi hati karena orang-orang yang ada dibawah Anda sesungguhnya mereka adalah tanggung jawab dan Anda adalah pelayan bagi bawahan/rakyat yang anda pimpin.

Apabila manusia sudah diberi Amanat terus dia berbuat seenaknya, semena-mena, korupsi dll (gembelengan). Maka dari akibat dari perbuatannya itu adalah sebuah kerusakan, kehancuran apa yang sudah diperbuat oleh pemimpinan yang gembelengan (segane dadi sak latar).

Jadi bisa disimpulkan bahwa apabila kita sudah diberikan tanggung jawab/Amanah/ilmu sudah menjadi kewajiban buat kita untuk menjujung tinggi amanah itu diatas segalanya (kepentingan pribadi/kelompok/golongan). Bisa Juga diartikan dalam makna religi, dimana saat kita sudah mengerti akan hal yang baik dan buruk/dosa, dimana itu perintah/larangan Allah SWT maka sudah kewajiban kita untuk selalu berhati-hati dalam setiap langkah, Apabila kita sudah paham dan mengerti namun tetap melanggar maka kehancuran yang kan kita dapatkan pada saatnya nanti (Akhirat).

Demikian Tulisan Menone, semoga bisa bermanfaat buat kita semua dan jika ada salah kata/ucap, menone mohon maaf yang sebesar-besarnya…… Salam

Iklan

, , , , , , , , , , ,

  1. #1 by and1k on Februari 1, 2015 - 6:44 pm

    selain lagu gundul gundul pacul yang penuh makna, karya lain sunan Kalijaga adalah lagu Lingsir Wengi. yang sebnarnya lagu itu adalah lagu pengantar tidur. Cuman sayang masyarakat kita yang keranjingan horor horoan saat ini mengasosiasikan lagu tersebut lagu mistis 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: