Makna Dibalik Lagu LIR ILIR

  • Lirik Lagu Lir Ilir

Lir ilir lir ilir tandure wong sumilir
Tak ijo royo royo
Tak sengguh penganten anyar
Bocah angon bocah angon penekno blimbing kuwi
Lunyu lunyu penekno kanggo mbasuh dodotiro
Dodotiro dodotiro kumintir bedah ing pinggir
Dondomono jrumatono kanggo seba mengko sore
Mumpung padang rembulane
Mumpung jembar kalangane
Yo surak’0 surak hiyo

  • Makna yang terkandung lagu di atas adalah sbb:

  1. Lir-ilir, Lir-ilir (Bangunlah, bangunlah)
  2. Tandure wus sumilir (Tanaman sudah bersemi)
  3. Tak ijo royo-royo (Demikian menghijau)
  4. Tak sengguh temanten anyar (Bagaikan pengantin baru)

Makna: Sebagai umat Islam kita diminta bangun. Bangun dari keterpurukan, bangun dari sifat malas untuk lebih mempertebal keimanan yang telah ditanamkan oleh Alloh dalam diri kita yang dalam ini dilambangkan dengan Tanaman yang mulai bersemi dan demikian menghijau. Terserah kepada kita, mau tetap tidur dan membiarkan tanaman iman kita mati atau bangun dan berjuang untuk menumbuhkan tanaman tersebut hingga besar dan mendapatkan kebahagiaan seperti bahagianya pengantin baru.

  1. Cah angon, cah angon (Anak gembala, anak gembala)
  2. Penekno Blimbing kuwi (Panjatlah (pohon) belimbing itu)
  3. Lunyu-lunyu penekno (Biar licin dan susah tetaplah kau panjat)
  4. Kanggo mbasuh dodotiro (untuk membasuh pakaianmu)

Makna: Disini disebut anak gembala karena oleh Alloh, kita telah diberikan sesuatu untuk digembalakan yaitu HATI. Bisakah kita menggembalakan hati kita dari dorongan hawa nafsu yang demikian kuatnya? Si anak gembala diminta memanjat pohon belimbing yang notabene buah belimbing bergerigi lima buah. Buah belimbing disini menggambarkan lima rukun Islam. Jadi meskipun licin, meskipun susah kita harus tetap memanjat pohon belimbing tersebut dalam arti sekuat tenaga kita tetap berusaha menjalankan Rukun Islam apapun halangan dan resikonya. Lalu apa gunanya? Gunanya adalah untuk mencuci pakaian kita yaitu pakaian taqwa.

  1. Dodotiro, dodotiro (Pakaianmu, pakaianmu)
  2. Kumitir bedah ing pinggir (terkoyak-koyak dibagian samping)
  3. Dondomono, Jlumatono (Jahitlah, Benahilah!!)
  4. Kanggo sebo mengko sore (untuk menghadap nanti sore)

Makna: Pakaian taqwa kita sebagai manusia biasa pasti terkoyak dan berlubang di sana sini, untuk itu kita diminta untuk selalu memperbaiki dan membenahinya agar kelak kita sudah siap ketika dipanggil menghadap kehadirat Alloh SWT.

  1. Mumpung padhang rembulane (Mumpung bulan bersinar terang)
  2. Mumpung jembar kalangane (mumpung banyak waktu luang)
  3. Yo surako surak iyo!!! (Bersoraklah dengan sorakan Iya!!!)

Makna: Kita diharapkan melakukan hal-hal diatas  ketika kita masih sehat (dilambangkan dengan terangnya bulan) dan masih mempunyai banyak waktu luang dan jika ada yang mengingatkan maka jawablah dengan Iya!!!…… Lir ilir, judul dari tembang di atas. Bukan sekedar tembang dolanan biasa, tapi tembang di atas mengandung makna yang sangat mendalam. Tembang karya Kanjeng Sunan ini memberikan hakikat kehidupan dalam bentuk syair yang indah. Carrol McLaughlin, seorang profesor harpa dari Arizona University terkagum kagum dengan tembang ini, beliau sering memainkannya. Maya Hasan, seorang pemain Harpa dari Indonesia pernah mengatakan bahwa dia ingin mengerti filosofi dari lagu ini. Para pemain Harpa seperti Maya Hasan (Indonesia), Carrol McLaughlin (Kanada), Hiroko Saito (Jepang), Kellie Marie Cousineau (Amerika Serikat), dan Lizary Rodrigues (Puerto Rico) pernah menterjemahkan lagu ini dalam musik Jazz pada konser musik “Harp to Heart“.

Apakah makna mendalam dari tembang ini? Mari kita coba mengupas maknanya

Lir-ilir, lir-ilir tembang ini diawalii dengan ilir-ilir yang artinya bangun-bangun atau bisa diartikan hiduplah (karena sejatinya tidur itu mati) bisa juga diartikan sebagai sadarlah. Tetapi yang perlu dikaji lagi, apa yang perlu untuk dibangunkan?Apa yang perlu dihidupkan? hidupnya Apa ? Ruh? kesadaran ? Pikiran? terserah kita yang penting ada sesuatu yang dihidupkan, dan jangan lupa disini ada unsur angin, berarti cara menghidupkannya ada gerak..(kita fikirkan ini)..gerak menghasilkan udara. ini adalah ajakan untuk berdzikir. Dengan berdzikir, maka ada sesuatu yang dihidupkan.

tandure wus sumilir, Tak ijo royo-royo tak senggo temanten anyar. Bait ini mengandung makna kalau sudah berdzikir maka disitu akan didapatkan manfaat yang dapat menghidupkan pohon yang hijau dan indah. Pohon di sini artinya adalah sesuatu yang memiliki banyak manfaat bagi kita. Pengantin baru ada yang mengartikan sebagai Raja-Raja Jawa yang baru memeluk agama Islam. Sedemikian maraknya perkembangan masyarakat untuk masuk ke agama Islam, namun taraf penyerapan dan implementasinya masih level pemula, layaknya penganten baru dalam jenjang kehidupan pernikahannya.

Cah angon cah angon penekno blimbing kuwi. Mengapa kok “Cah angon” ? Bukan “Pak Jendral” , “Pak Presiden” atau yang lain? Mengapa dipilih “Cah angon” ? Cah angon maksudnya adalah seorang yang mampu membawa makmumnya, seorang yang mampu “menggembalakan” makmumnya dalam jalan yang benar. Lalu,kenapa “Blimbing” ? Ingat sekali lagi, bahwa blimbing berwarna hijau (ciri khas Islam) dan memiliki 5 sisi. Jadi blimbing itu adalah isyarat dari agama Islam, yang dicerminkan dari 5 sisi buah blimbing yang menggambarkan rukun Islam yang merupakan Dasar dari agama Islam. Kenapa “Penekno” ? ini adalah ajakan para wali kepada Raja-Raja tanah Jawa untuk mengambil Islam dan dan mengajak masyarakat untuk mengikuti jejak para Raja itu dalam melaksanakan Islam.

Lunyu lunyu penekno kanggo mbasuh dodotiro. Walaupun dengan bersusah payah, walupun penuh rintangan, tetaplah ambil untuk membersihkan pakaian kita. Yang dimaksud pakaian adalah taqwa. Pakaian taqwa ini yang harus dibersihkan.

Dodotiro dodotiro, kumitir bedah ing pinggir. Pakaian taqwa harus kita bersihkan, yang jelek jelek kita singkirkan, kita tinggalkan, perbaiki, rajutlah hingga menjadi pakain yang indah ”sebaik-baik pakaian adalah pakaian taqwa“.

dondomono jlumatono kanggo sebo mengko sore. Pesan dari para Wali bahwa suatu ketika kamu akan mati dan akan menemui Sang Maha Pencipta untuk mempertanggungjawabkan segala perbuatanmu. Maka benahilah dan sempurnakanlah ke-Islamanmu agar kamu selamat pada hari pertanggungjawaban kelak.

Mumpung padhang rembulane, mumpung jembar kalangane. Para wali mengingatkan agar para penganut Islam melaksanakan hal tersebut ketika pintu hidayah masih terbuka lebar, ketika kesempatan itu masih ada di depan mata, ketika usia masih menempel pada hayat kita.

Yo surako surak hiyo. Sambutlah seruan ini dengan sorak sorai “mari kita terapkan syariat Islam” sebagai tanda kebahagiaan. Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kamu (Al-Anfal :25)

Semoga artikel kali ini bermanfaat buat sahabatn semua

Artikel ini diambil dari berbagai sumber dan melalui beberapa editing, Apabila ada kesalahan Saya ( Andix Menone ) mohon maaf yang sebesar-besarnya (Saya juga manusia yang ta’ pernah luput dari salah & dosa)

About these ads

, , , , , , , , ,

  1. #1 by birthday party on April 18, 2012 - 3:53 pm

    thanx infonya…

  2. #2 by http://xamthoneplus.biz/obat/obat-diabetes on April 19, 2012 - 2:06 pm

    jadi inget dulu pas masih di pesantren :)

    • #3 by safrysoftware on Juli 25, 2012 - 3:58 pm

      ada yang tau gak link untuk download lagu ost kisah sembilan wali ….?

  3. #4 by Myra Anastasia on April 20, 2012 - 2:36 pm

    sy sekeluarga termasuk yg paling suka lagu ilir2.. Kl lagi jalan2 di mobil bukan stel lagu anak2, tp lagu ilir2 yg dimaini sa’unine string orchestra.. Keren lagunya di orkestrain gitu selain makna lagunya yg emang dalem.. ^^

  4. #5 by rahmanj on April 20, 2012 - 9:12 pm

    :D…Hihi

  5. #6 by bensdoing on April 21, 2012 - 7:25 pm

    lagu jawa yach….sayang aku gag ngerti maknanya apa… :(

  6. #7 by padamara88 on April 22, 2012 - 10:08 am

    Kalau boleh ralat untuk syair pada baris ke 7 Mas, disitu tertulis ” Dondomono jrumatono kanggo sesok mengko sore” yang benar : ” Dondomono jrumatono kanggo seba mengko sore” demikian mas, saya sangat mengapresiasi tilisan anda ..Keep Bloging …

    • #8 by Anonymous on Agustus 15, 2012 - 7:33 pm

      koreksi.yg bener tuh “jlumatono”.artinya:jlimetono.telitilah.kajilah.
      …….kanggo “seba” mengko sore.
      kata Seba.sebo .dlm bahasa jawa berarti kawula menghadap ke kpada sang Penguasa.Raja.Ratu.

    • #9 by putri inggriyani on November 12, 2013 - 3:54 pm

      kalau boleh, saya juga mau ralat komentar anda #7 by padamara88. komentar anda tertulis : “saya sangat mengapresiasi ‘TILISAN’ anda” , yg benar tulisan mas…. heheheh

      #kiding

  7. #10 by Noer on April 22, 2012 - 10:15 pm

    Sebuah ajaran yg diwujudkan melalui karya besar sastra…

  8. #11 by :Pelangi Holiday Tour&Rental on April 23, 2012 - 7:38 pm

    Sudah lama tak berkunjung ternyata semakin mantap,trafiknya jauh lebih baik. mas menon sukses selalu ya..jangan lupa semangat dan terus semangat..

  9. #12 by logo baru on April 25, 2012 - 11:10 am

    wah, luas banget maknanya

  10. #13 by pakaianindonesia.com on April 25, 2012 - 1:01 pm

    maknanya sangat berarti….
    thanks infonya….

  11. #14 by 1 park avenue gandaria on April 27, 2012 - 5:11 pm

    nice info…thank u

  12. #15 by kips on Mei 2, 2012 - 8:42 am

    Muatannya bagus ya, memang lebih mudah dicerna kl bentuk ajaran diwujudkan dalam bentuk seni, dapat lebih mudah diterima siapa saja. Sip!

    • #16 by dewandaru on Agustus 29, 2012 - 8:20 pm

      setuja kang.aku ki wong demak kadilangu.pncen kpwenak si ire.po maneh artine.nggawe adem neng ati.amin.

  13. #17 by Akhmad Muhaimin Azzet on Mei 3, 2012 - 3:44 pm

    jadi lebih paham saya makna lagu Ilir-Ilir setelah membaca postingan ini; makasih banyak ya gan….

  14. #18 by arief on Mei 5, 2012 - 10:45 am

    jadi lebih ngerti lagu ini sob, terima kasih

  15. #19 by tita on Mei 10, 2012 - 4:05 pm

    jadi pengen kekampung nih….

  16. #20 by Anonymous on Mei 16, 2012 - 7:21 am

    sarat makna agamawi..
    membuka mata hati, menjernihkan pikiran..

  17. #21 by arif on Mei 16, 2012 - 7:37 am

    dalam dan ulasannya lengkap mantap :D, saya baru ngeh tentang makna lir ilir seperti di atas, pertama kali selepas baca novel sang pencerah

  18. #22 by Affan assidiq on Mei 16, 2012 - 7:22 pm

    Suw0n njeeeh,
    Ataz ilmunya*_*_*m0ga b’manfaan bagie yg m’baca

  19. #23 by Bovy-X on Juni 5, 2012 - 4:04 pm

    makasih mas…

  20. #24 by Umar kaligawe on Juni 5, 2012 - 9:28 pm

    Dibalik lagu ciptaan Wali ALLAH ini ada makna yg mendalam.Saya sangat berterimakasih sekali shg paham akan makna yg terkandung d dalamnya.Kita tdk hanya bsa menyanyikan syairnya saja,tp juga harus mengerti arti&maknanya

  21. #25 by baju couple on Juni 13, 2012 - 7:20 am

    sandalnya lucu-lucu…..bagusss

  22. #26 by Zella on Juni 16, 2012 - 9:34 pm

    Sudah seharusnya sbg generasi penerus kita memahami lagu ilir-ilir, namun realitanya tembang tinggalah tembang yg berimplikasi pd tontonan jd tuntunan.
    Nuwon sanget.

  23. #27 by zarkony on Juni 28, 2012 - 12:37 pm

    saya bru tau arti’y..padahal dulu wktu kecil bpak sering nyanyi’n lagu ne….jd inget bapak klo denger lagu ne

  24. #28 by sanada on Juli 10, 2012 - 9:27 pm

    sama aku juga baru sadar kalau lagu ini bermaknba sangat dalam, n insya alloh menjadi hikmah untuk ak pribadi n kawan yang laina amin…………….thank’s…

  25. #29 by dannuandrianto on Juli 15, 2012 - 10:40 pm

    terkesan dengan lagi itu

  26. #30 by fu'ad alwy (@fuad_alwy) on Juli 18, 2012 - 11:51 am

    sungguh menyentuh hatti..

  27. #33 by dhewi on Juli 22, 2012 - 8:10 pm

    lngkp n mndlm bgt arti ny
    jd inget dulu wktu kecil bis plang ngaji

    thnks gan info ny…

  28. #34 by joni afta on Juli 27, 2012 - 6:03 pm

    hmmm jadi inget pas diblitar dulu ~_^ kangen

  29. #35 by Anonymous on Juli 29, 2012 - 3:05 pm

    Allhamdulillah Jadi paham makna yang tersirat dalam syair Lir ilir , Mantap …. Terima kasih ya gan….

  30. #36 by deni on Juli 31, 2012 - 6:52 pm

    lagu yg harus slalu d kenang

  31. #37 by ahmat on Agustus 3, 2012 - 1:37 pm

    ternyata bukan cuma lagunya yang enak didengar tp maknanya pun bgitu mendalam ya.

  32. #38 by Ahmad Tang on Agustus 13, 2012 - 2:54 pm

    betul-betul makna yang mendalam

  33. #39 by aku on September 7, 2012 - 12:51 pm

    Benar2 suatu karya seni yang indah.”Bukan lagu biasa”:-)

    • #40 by melli on September 24, 2012 - 8:12 pm

      saatnya gue blng waw……….aq bangga menjadi anak indonesia

  34. #41 by arieono on September 20, 2012 - 6:46 am

    Terima kasih atas infonya moga bermanfaat bagi umat ini

  35. #42 by melli on September 24, 2012 - 8:09 pm

    bguz bkin mudah mengetahui seni budaya indonesia

  36. #43 by nazila on September 27, 2012 - 6:35 pm

    thanks bantuannya……

  37. #44 by ecky agassi on September 30, 2012 - 2:39 pm

    Terimakasih infonya, saya suka sekali lagu ini :)

  38. #45 by Aulia_Nooraya on Oktober 10, 2012 - 9:08 pm

    Matur nuwun. Sungguh membantu. ^_^

  39. #46 by Aisyah on Oktober 10, 2012 - 9:08 pm

    Subhanallah,,,,,
    sangat menyentuhhh,,,,
    jdie ingat sma tman Mtq aquee,,,

  40. #47 by Aisyah on Oktober 10, 2012 - 9:11 pm

    SubhanaAllah,,,
    lagunya menyentuh banget,,,,

    jadie ingat wktu sama2 temen Mtq aque,,,

  41. #48 by Anonymous on Oktober 23, 2012 - 6:28 pm

    terima kasih atas ilmunya

  42. #49 by dadik on November 8, 2012 - 7:40 am

    Sip…..tak bisa bilang ap ap

  43. #50 by dadik on November 8, 2012 - 7:51 am

    Inget pas masih kecil…ada sluku” batok..gundul”pacul….ternyata maknanya mendalam…..
    Mari kita gali khasanah kebudayaan islam d indonesia khususnya tanah jawa..melalui syiir n peninggalan para wali…
    Ciri khas islam indonesia..

  44. #51 by anim on November 11, 2012 - 3:48 pm

    Trims atas infonya.

    Ada lagu jawa yang konon juga diciptakan oleh Kanjeng Sunan Kalijaga, judulnya Turi Putih

    “Turi-turi putih, ditandur ning kebun agung…
    dst…

    Ada yg tau maknanya ??? kayaknya dalam banget makan lagu turi putih ini

  45. #52 by Zugeng on November 11, 2012 - 10:23 pm

    hmmm . . . damainya lagunya, teringat waktu kecil d film animasi BwangMerah BawangPutih,

  46. #53 by Moh.Andriansyah on November 20, 2012 - 1:36 pm

    Ini yg d namakan lagu, wasiat para wali terutama sunan bonang pencipta syi’ir ini yg ga akan pernah terhapus sampai akhir zaman :-)

  47. #54 by Sidoel Tholib on November 23, 2012 - 5:42 am

    setelah sekian lama mencari dan penasaran makna darri lagu ini, alhamdulillah…
    akhirnya ketemu juga….
    alhamdulillah… dan trima kasih

  48. #55 by Anonymous on Desember 2, 2012 - 9:22 pm

    hati selalu menagis

  49. #56 by cikaa kantara on Desember 6, 2012 - 2:48 pm

    sungguh indah bgt maknanya . . .info top ini . . makasih share ilmu nya yg sungguh bermanfaat ni. .

  50. #57 by Setiawan on Desember 8, 2012 - 3:38 pm

    Kanjeng sunan Kalijogo yang buat ini syair kata ustadz dikampung saya…apa benar demikian???sungguh syarat makna..pesannya begitu mendalam.

  51. #58 by Anonymous on Desember 10, 2012 - 11:07 pm

    bagus……lanjut….cetuju

  52. #59 by Rizal on Desember 27, 2012 - 5:37 am

    Terimakasih, uraian yang menginspirasi :)

  53. #60 by Wahyu anggara on Januari 15, 2013 - 9:29 am

    Lagu itu mengigatkan ku wktu jman ku msh ngaji d TPA

  54. #61 by kapal ferry on Januari 26, 2013 - 5:50 pm

    makasih atas pemberitahuanya,,,,,saya sdh lama bingung mengartikan syair ini

  55. #62 by Munawar on Februari 11, 2013 - 3:14 pm

    terimakasih atas tulisannya, semoga bermanfaat untuk kita semua yang membacanya, salam kenal yah

  56. #63 by Rika on Februari 14, 2013 - 11:00 am

    matur nuwun, saya copy ya …

  57. #64 by Pulau Sepa on Februari 28, 2013 - 11:05 am

    terimakasih atas tulisannya yah, semoga bermanfaat untuk kita semua yang membaca..

  58. #65 by Rizal on Maret 29, 2013 - 11:14 pm

    subbanalloh……….

  59. #66 by Anonymous on April 13, 2013 - 2:33 pm

    I LIKE IT

  60. #67 by gsyun on April 15, 2013 - 11:34 am

    Juosss!! mantapp (y)

  61. #68 by baby on April 17, 2013 - 10:09 am

    banyak sekali makna di dalamnya :D

    Baby Pink

  62. #69 by Ken on April 20, 2013 - 7:49 pm

    maaf mungkin saya akan menambah sedikit arti dari syair itu,,
    _Lir-ilir, Lir-ilir (Bangunlah, bangunlah)
    Tandure wus sumilir (Tanaman sudah bersemi)
    Tak ijo royo-royo (Demikian menghijau)
    Tak sengguh temanten anyar (Bagaikan pengantin baru
    ______bangunlah(lihatlah) telah datang agama baru,, agama yg penuh damai & cinta kasih,,,

    Cah angon, cah angon (Anak gembala, anak gembala)
    Penekno Blimbing kuwi (Panjatlah (pohon) belimbing itu)
    Lunyu-lunyu penekno (Biar licin dan susah tetaplah kau panjat)
    Kanggo mbasuh dodotiro (untuk membasuh pakaianmu)
    ________cah angon adalah simbol,, org yg tdak py pengetahuan(tdk pernh skolah) di artikan pd masa itu masyarakt mengenal aninisme, msyarakt yg msh bodoh tdk ada pengethuan tentang agama,,
    __blimbing bsa di artikan rukun islam(kalo haji pada masa penyebaran agama masa itu tdk memungkinkan),, teptya sholat,,, wlupun berat dan susah pada masa hindu dan aninisme beralih ke islam untuk mlksnakan sholat 5 wktu..
    _mbasuh dodotiro,,utk membersihkan hati dr kepercayaan aninisme ke islam,,

    Dodotiro, dodotiro (Pakaianmu, pakaianmu)
    Kumitir bedah ing pinggir (terkoyak-koyak dibagian samping)
    Dondomono, Jlumatono (Jahitlah, Benahilah!!)
    Kanggo sebo mengko sore (untuk menghadap nanti sore)
    __kanjeng kyai menyerukan tinggkan kepercayan masyarakt lama berpindah ke agama islam,,
    untuk bekal hari tua(ke akhirat,,)

    Mumpung padhang rembulane (Mumpung bulan bersinar ter ang)
    Mumpung jembar kalangane (mumpung banyak waktu luang)
    Yo surako surak iyo!!! (Bersoraklah dengan sorakan Iya!!!)
    ____selagi ada yg mengarah selagi ada yg mencerahkan(mluruskan ke jalan yg benar. yaitu para wali.
    _jembar kalangane** selagi ada tempat untuk beljar.
    _surakno,, bersemangtlahh,,!!

    maaf saya hanya menambahkan secara garis besar sj,, selengkapnya sudah di ulas sm penulis,,
    trimaksih<<<

  63. #70 by Rahmat Hidayat on April 22, 2013 - 3:21 pm

    SubhanalLah. .
    Ingin Melaksnkan Nasehat Itu. .

    Ya Allah berilah hamba kekuatan agar hamba bisa terus menjalankn Nasehat itu. .
    Amin. .

  64. #71 by salma salim on April 26, 2013 - 4:17 pm

    terenyuh…!!

  65. #72 by pak haji marsonoba on Mei 9, 2013 - 9:55 pm

    Bagus sekali maknanya semoga memahami Dansegera melaksanakan kwajiban nya

  66. #73 by insan kamil on Mei 28, 2013 - 3:07 pm

    mantap yaaa…… ijin copy yaaa

  67. #74 by ardianto on Juni 6, 2013 - 3:13 pm

    makasih,jd tambah mengerti tentang apa makna dr lagu trsebut.moga bisa mempertebal keimanan dan keteqwaan kita.

  68. #75 by nita on Juni 20, 2013 - 2:51 pm

    Jadi ngarti ni, tks ya

  69. #76 by ahmad lutfi on Agustus 1, 2013 - 2:17 am

    makasih y mas infonya,bisa menambah pengetahuan saya

  70. #77 by susetya on Agustus 18, 2013 - 5:57 am

    Ini baru cocok” cuman kayaknya bukan penekno, tapi peneken, soalnya kalo penekno itu adalah meminta tolong, kalo peneken itu kata suruh” atau menyuruh,,, hehehe

  71. #78 by Anonymous on Agustus 26, 2013 - 10:01 pm

    Bgt mendalam kryamu kanjeng sunan kali jogo…aq bru sadar

  72. #79 by Vyta_soapbubble on September 2, 2013 - 10:10 am

    sungguh bermakna bgt karya ini,

  73. #80 by prabowo adi nugroho on September 5, 2013 - 8:57 pm

    wah memang bangak maknanga jos pokoe

  74. #81 by Anonymous on September 21, 2013 - 4:46 am

    ahkirx q skrg bs bljar arti lagu LIR ILIR,za meskipun blm phm smuax

  75. #82 by Anonymous on Oktober 1, 2013 - 8:43 am

    alhamdulillah

  76. #83 by Iip Widiyanto on Oktober 2, 2013 - 10:03 am

    suwun um,..

  77. #84 by pudji sulaksono on Oktober 2, 2013 - 1:01 pm

    1. tembang ini akan terasa sangat bermakna kalau dibawakan sesuai aslinya ( Versi gending jawa).Versi lain spt model Ainun najib itu , membuat tembang ini kehilangan keindahan,kehalusan ndan kemuliaannya.
    2. Interpertasi atas liryc ini perlu dikaji ulang,mungkin ada yg lebih pas,dan mendalam.
    3.Arti dan hakekat lagu ini bukan cuma utk umat islam,namun utk siapa saja yang ingin hidup mulia dihadapa Tuhan.

  78. #85 by unknown on Oktober 20, 2013 - 8:32 pm

    Sayang lagu aslinya lir ilir lyricnya dalam, sekarang beberapa anak kenalnya bang toyib nadanya sama tapi lyricnya diganti bang toyib

  79. #86 by agustri on November 8, 2013 - 6:19 am

    copy ya gan .

    maturnuwun

  80. #87 by endri sulisno on November 14, 2013 - 6:18 am

    Terima kasih untuk artikelnya jazzakumulloha.

  81. #88 by adela on November 20, 2013 - 9:18 pm

    makaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaassssssssssssssssssssssssssiiiiiiiiiiiihh bangetinfonya ya saya sangat berterimaasaih kepada penciptanya tttttttttttttTHANKY YOU

  82. #89 by putra on Desember 15, 2013 - 5:16 pm

    SubhanALLAH

  83. #91 by ahmad shofrowi on Januari 29, 2014 - 7:22 pm

    makAsih banget lo udah bantu q beresin tugas q dr sklh

  84. #92 by maimunah on Februari 26, 2014 - 5:55 am

    bagus, nih izin copas ya….
    http://www.bgk01.blogspot.com

  85. #93 by Alwi on April 9, 2014 - 7:05 pm

    Matur suwun njeh. Sakderenge kulo dereng ngertos artine. Alkhamdulillah, sak niki mpun ngertos.

  86. #94 by Toko Bunga on April 14, 2014 - 1:28 pm

    Wah saya baru tau ilir2 ada makna nya.

  1. Makna di balik Syair Lagu Lir Ilir | Shacma

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 430 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: