FREE / GRATIS UPGRADE WINDOWS 10

windows 10

Prolog
Bagi agan yang belum tahu, Windows 10 merupakan sistem operasi baru pengganti Windows 8 dan 8.1 yang sudah terlampau beberapa tahun masanya. Upgrade Windows 10 diberikan secara cuma-cuma alias gratis kepada pengguna Windows 7 SP1 dan Windows 8.1 yang memiliki lisensi yang sah. Nah, Windows 10 digadang-gadang akan rilis ke publik pada tanggal 29 Juli 2015 (hari ini).
Nah, taukah agan-agan semua bahwa proses download upgrade ini — yang berukuran kurang lebih 2,5 hingga 3 GB — telah dimulai sejak tanggal 28 waktu Indonesia barat. Untuk mengetahui bahwa PC agan sudah memulai download, cek dengan cara-cara berikut ini:

Cara Mengetahui Jika PC Agan Sudah Memulai Proses Upgrade:

1. Pastikan Agan sudah mendapatkan tool kecil Get Windows 10 dan telah memesan atau Reserve Upgrade Windows 10. Tanda-tanda bahwa agan sudah memiliki tool tersebut bisa terlihat di taskbar sebelah pojok kiri, jika sudah akan muncul icon kecil bertuliskan Get Windows 10 seperti gambar berikut ini:

free windows 102. Jika tool kecil tersebut sudah ada, kemungkinan besar tool tersebut sudah memulai proses download. Untuk mengetahuinya, Windows Update membuat folder $Windows.~BT di drive C atau drive sistem.

upgrade windows 10Folder tersebut di-hidden. Hilangkan hidden melalui Organize -> Folder and search option -> View -> Show hidden files, folders and drives. Jika folder tersebut ada, maka proses download sedang berjalan.
Ciri-ciri lain bahwa PC agan sedang men-download upgrade ini adalah proses svchost.exe (netsvcs) menunjukkan trafik download yang signifikan. Untuk mengetahuinya, pergi ke Task Manager -> Performance -> Resource Monitor -> Network yang kira-kira akan seperti ini:

cara upgrade win 103. Namun, jika agan sudah memiliki tool Get Windows 10 tetapi proses download belum dimulai, agan bisa ‘memaksa’ tool tersebut untuk mendownload saat itu juga. Caranya sebagai berikut:
a. Pastikan agan mengatur Windows Update untuk otomatis berjalan dan men-download update.
b. Hapus semua file yang bisa dihapus di folder C:\Windows\SoftwareDistribution\Download.
c. Jalankan cmd.exe dengan hak Administrator, lalu ketikkan perintah berikut: wuauclt.exe /updatenow
d. Download akan seger berjalan dan muncul tampilan seperti berikut:

win 10di atas adalah gambar proses download di PC saya, sudah dapat setengah gan

Gambar terakhir yang saya cantumkan tadi sudah selesai gan, selepas itu proses lanjut ke Installing seperti gambar berikut:

windows10Namun pada tahap Installing features and driver, tiba-tiba blue screen dan restart. Setelah nyala lagi, eh, malah proses instalasi dibatalkan lalu Windows saya dibalikin ke Windows sebelumnya (Windows 7)

Maka dari itu saya mencari cara lain, yaitu memproses file yang didownload tool tadi lalu saya jadikan file ISO, untuk nantinya saya install lewat bootable USB.

Cara membuat file ISO dari file ESD:
1. Download ESD Decrypter 4.7 dari sini. Lalu ekstrak di suatu folder yang masih cukup ruang kosong.
2. Salin file Install.esd dari folder C:\$Windows.~BT\Sources ke folder ESD Decrypter tadi.
3. Jalankan file decryp.cmd sebagai administrator (klik kanan, run as administrator)
4. Tunggu prosesnya dan file ISO pun jadi.

Cara membuat USB bootable dari ISO tadi:
1. Download Rufus dari sini.
2. Siapkan USB Flashdisk berukuran 8GB atau lebih.
3. Jalankan rufus, pilih drive flashdisk, dan pilih file ISO, lalu klik Start.


Windows 10 sudah terinstall di PC ane dengan sukses. Ini penampakannya gan:

windos 10 freeMeskipun begitu, ada satu hal yang menurut ane paling mengganggu dari Windows 10 yang ane install. Yaitu Windows ane tanpa lisensi, alias nggak valid

Selain itu, testimoni menggunakan Windows 10 adalah sebagai berikut:
1. Proses instalasi kurang lebih sama dengan Windows 8. Driver tidak otomatis terinstall, maka dari itu ada baiknya menyiapkan driver terlebih dahulu.
2. Loading terasa ringan, menyalakan dan mematikannya pun cepat. Namun masih ada beberapa transisi yang kurang smooth kalau menurut saya.
3. Ketika konek internet pertama kali setelah instalasi, akan banyak menyedot bandwith, karena Windows update langsung mendownload update (yang mana windows update di Windows 10 ini kabarnya tidak bisa dimatikan) dan update aplikasi-aplikasi dari Store.
4. Selain itu menyusul deh ya

Seperti yang ane sampaikan di update sebelumnya, status Windows 10 ane Not Activated gan karena emang ane nggak punya lisensi buat Windows 7 yang ane pakai sebelumnya muncul gambar seperti dibawah ini mulustrasinya:

win

Setelah ane cari-cari caranya, akhirnya Windows 10 punya ane diupgrade ke Enterprise dari sebelumnya Pro demi bisa aktivasi pakai aktivator ini. Cara penggunaan ada di komentar di link ini ya gan.

foto-foto terbaru deh gan dari WIndows 10:

windows 10 6 1 2 windows 10 1 windows 10 2 windows 10 3 windows 10 4 windows 10 5

sumber artikel klik disini

, , , , , , , , , , , , , , , , ,

  1. #1 by Ucapan Tahun Baru on Agustus 2, 2015 - 2:11 pm

    Makasih banget bang informasinya šŸ™‚ izin praktek….

Tinggalkan komentar